Langsung ke konten utama

Perkembangan iOS

Perkembangan iOS







Apa itu iOS? Mungkin sudah banyak orang mengenal baik iPhone, tapi tidak semua kalangan masyarakat mengenal baik apa itu iOS. Di indonesia pun tidak semua kalangan bisa merasakan menggunakan bahkan mengoperasikan iOS dengan maksimal dikarenakan iOS merupakan sistem operasi yang hanya beroperasi di smartphone keluaran Apple ini, yang juga merupakan developer dari iOS itu sendiri. Di indonesia pun, iOS memang banyak digemari banyak orang dari kalangan  menengah keatas (dikarenakan harga gadget keluaran Apple ini terbilang cukup mahal), walau begitu tidak dapat kita pungkiri bahwa iOS dicintai masyarakat indonesia. tapi sudahkah masyarakat luas mengetahui keunggulan iOs dibandingkan dengan sistem operasi lainnya? Disini saya akan membahas lebih dalam tentang iOS dan juga perkembangan dari iOS keluaran pertama sampai sekarang.

iOS adalah sistem operasi keluaran Apple yang dirancang untuk Smartphone andalan mereka, yaitu iPhone. Selain iPhone, iOS juga dapat beroperasi di gadget keluaran iOS lainnya, yaitu iPod Touch, iPad, Apple TV dan sebagainya. iOS merupakan sistem operasi populer dikalangan masayrakat dunia setelah Android. iOS sendiri dulu memiliki nama iPhone OS (yang berarti Sistem Operasinya iPhone).  Sampai saat ini sudah ada iOS1 atau iOS keluaran pertama sampai dengan iOS 11. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut dari masing-masing iOSnya.

1.      iOS 1 (Tahun 2007)


perjalanan sistem operasi besutan Apple ini diawali dengan dirilisnya iPhone generasi pertama oleh Steve Jobs. Steve Jobs memperkenalkan iPhone dengan iOS 1 sebagai sistem operasinya. Didalamnya memang masih standar dengan fitur fitur terbatas dan masih belum memiliki App Store, jadi aplikasi bawaan iPhone saja yang ada didalamnya. Bahkan, fitur copy-paste belum ada di iOS 1 ini. Awalnya Steve Jobs pada saat perilisan iPhone pertama ini belum memberi nama pada sistem operasi yang beroperasi didalamnya. Barulah setelah beberapa bulan steve jobs memberi nama iPhone OS. Belum ada juga MMS, tidak bisa attach file pada email, bahkan layanan 3G pun tidak ada. Baru pada update software berikutnya semua itu tersedia.

2.      iOS 2 (Tahun 2008)


salah satu perkembangan yang sangat mencolok dari iOS 2 ini adalah dengan adanya App Store yang memberikan kebebasan kepada pengguna iPhone untuk mendownload applikasi apapun yang ada di App Store. Game juga dapat di unduh dari App store ini. App store adalah semacam toko aplikasi online yang khusus menjajakkan applikasi atau bahkan game yang dapat beroperasi di iPhone.

·        App Store pertama kali diluncurkan



3.      iOS 3 (Tahun 2009)


pada iOS 3 ini, ternyata lebih banyak lagi perkembangan yang kita rasakan dibandingkan pada iOS 2. Karena, iOS 3 ini sebenarnya diluncurkan untuk menyempurnakan iOS 2. Fitur-fitur baru banyak muncul di iOS 3 ini. Fitur copy-paste akhirnya ada di iPhone, bahkan ada fitur Cut juga. Sistem operasi ini dirilis bersamaan dengan diluncurkannya iPhone 3GS ke pasaran. iPod yang dikenal dengan ‘Shake To Shuffle’nya, yaitu menggoyangkan device untuk mengganti lagu, dan juga Find My iPhone (aplikasi yang ada di iPhone yang digunakan untuk melacak keberadaan device kita apabila kita merasa kehilangan iPhone kita), keduanya tersebut juga pertama kali diperkenalkan di iOS 3. Dan jangan lupa voice control, juga diperkenalkan di iOS 3. Sejak update iOS 3.2, kini pengguna dapat merubah tampilan home dengan menggunakan foto yang ada di galleri (mengganti wallpaper).

·        Voice Control pada iOS 3
·        Find My iPhone pertama kali diperkenalkan di iOS 3


4.      iOS 4 (Tahun 2010)



multitasking merupakan hal yang sangat penting, karena dengan itu kita dapat menghemat waktu untuk melakukan sesuatu. Maka dari itu Apple memberikan kejutan kepada para pengguna iPhone. pada iOS 4 Apple memperkenalkan fitur Multitasking. Pada iOS 4 ini yang sudah dapat ber-multitasking, kita dapat dengan mudah berpindah-pindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya tanpa harus menutup suatu aplikasi untuk membuka yang lainnya. Sangat menyingkat waktu bukan? Selain itu iOS 4 juga dirilis dengan memboyong beberapa fitur – fitur keren lainnya, yaitu antara lain password atau lebih dikenal passcode, dimana kita dapat mengunci iPhone kita agar orang lain tidak dapat membuka device kita. Selain fitur-fitur diatas, perubahan yang mencolok dari iOS 4 ini adalah Retina Display dan FaceTime. FaceTime merupakan fitur yang dapat digunakan sesama pengguna Apple Device ini untuk bertatap muka melalui video call, khusus pengguna Apple device saja. iOS 4 juga memperkenalkan folder, yaitu dimana kita dapat membuat folder, misalnya folder untuk game. Kita dapat membuat folder dengan cara menarik icon game tersebut dan menaruhnya diatas icon game yang lain. Dalam satu folder dapat menampung 12 applikasi.


·        Multitasking diperkenalkan pada iOS 4


·        Passcode iOS 4

      

·        Folder pada iOS 4



·        FaceTime diperkenalkan kepada pengguna iOS 4




5.      iOS 5 (Tahun 2011)



pada tahun 2011, Apple merilis iPhone 4S bersamaan dengan iOS 5. iOS 5 ini memiliki perkembangan yang sangat menonjol. Di iOS pendahulunya, apabila kita ingin menyimpan lagu atau bahkan foto, kita hanya dapat menyimpannya di storage kita. Tetapi di iOS 5, kita dapat menyimpan semua itu termasuk juga data dan applikasi kita di iCloud. iCloud adalah media penyimpanan online buatan Apple. Jadi dengan iCloud kita dapat dengan mudah mengakses data kita melalui Apple device lain milik kita. Di iOS 5 juga merupakan dimana pertama kali Siri diperkenalkan. Siri itu sendiri adalah Asisten Virtual kita yang dapat kita suruh untuk melakukan tugas – tugas sederhana seperti mengirimkan pesan, memasang alarm, dan sebagainya. Dan  iMessage juga diperkenalkan di iOS 5. Fitur iMessage adalah fitur yang digunakan seperti sms tetapi dapat digunakan hanya sesama pengguna iPhone saja.

·        iCloud pada iOS 5


·        Pertama kali Siri Rilis




6.      iOS 6 (Tahun 2012)



sebenarnya tidak banyak perubahan pada iOS 6 ini, hanya pembaharuan pada Siri dan beberapa hal kecil. pada iOS 6 ini merupakan update software yang paling mengejutkan bagi pengguna Apple device. Hal itu dikarenakan telah dihapusnya Google Maps sebagai default maps dan digantikan dengan maps buatan Apple yaitu Apple Maps. Tidak perlu khawatir, bagi pengguna iPhone yang menikmati menggunakan Google Maps dapat tetap menggunakan Google Maps tetapi kita perlu mengunduhnya di App Store.

·        Apple Maps pengganti Google Maps pada iOS 6



7.      iOS 7 (Tahun 2013)



iOS 7 muncul dengan tampilan yang sangat baru. Pasalnya, dari iOS pertama sampai iOS 6 ternyata Apple memberikan tampilan yang sama pada setiap generasi dari sistem operasi tersebut! Barulah pada iOS 7 ini, tepatnya pada tahun 2013 mengubah tampilan iPhone menjadi lebih datar tanpa ada efek tiga dimensi. Tampilan ini di desain oleh Sir Jony Ive. iOS 7 ini dirilis berbarengan dengan diluncurkan nya iPhone 5s dan 5c. di iOS 7 ini juga pengguna dimanjakan dengan munculnya fitur iTunes Radio. Dengan begitu akhirnya pengguna Apple Device, dapat mendengarkan radio tanpa perlu repot-repot mendengarkan nya melalui aplikasi radio yang perlu di unduh sebelumnya terlebih dahulu. Pada iOS 7 multitasking juga memiliki perubahan yang sangat terasa jika dibandingkan dengan iOS 6.

·        Tampilan baru home (sebelah kiri iOS 6 dan kanan iOS 7)

 


·        Tampilan Multitasking (sebelah kiri iOS 6 dan kanan iOS 7)



8.      iOS 8 (Tahun 2014)











iPhone 6 dan iPhone 6+ dirilis pada tahun 2014 bersamaan dengan Apple merilis iOS 8. Pada iOS 8 ini, kini para pengguna Apple memiliki aplikasi yang dapat dipergunakan untuk mengontrol kesehatan yaitu aplikasi HealthKit. iOS 8 juga memperkenalkan Family Sharing, dimana satu keluarga menggunakan satu akun iTunes dan orang tua disini berperan sebagai pemegang kontrolnya dan akan terhubung bersama. Pembelian di iTunes akan dilakukan oleh satu akun orang tua dan anak di bawah 13 tahun perlu persetujuan dari orang tua mereka untuk membeli sesuatu. Jadi orang tua selaku pemegang kontrol, berhak menolak atau menerima pembelanjaan yang diajukan oleh sang anak. Selain itu, apa kalian tau Shazam? Shazam adalah aplikasi dimana kita dapat merekam suatu lagu yang tidak kita ketahui judulnya dan kemudian aplikasi tersebut akan mendeteksi suara rekaman itu kemudian akan mencarikan apa judul lagu tersebut untuk kita. Di iOS 8 Siri sudah support Shazam. Jadi Siri sekarang dapat diberi pertanyaan apa judul lagu yang ingin kita ketahui, dan siri akan mencarikannya untuk kita.

·        Health Kit pertama muncul pada iOS 8


·        Family Sharing juga muncul pertama kali pada iOS 8


·        Siri song recognition pada iOS 8



9.      iOS 9 (Tahun 2015)











pada iOS 9, fitur yang paling menonjol adalah power saving mode. Yaitu mode yang dimana dapat menghemat daya baterai device kita. Notabenenya, Apple device termasuk boros baterai, di iOS 9 ini, mungkin Apple ingin menghilangkan label ‘boros baterai’ tersebut. Ukuran dari OS iOS 9 juga lebih kecil dari biasanya. Maka dari itu, tempat penyimpanan lebih besar karena OS tidak banyak menyimpan banyak tempat seperti biasanya. Di iOS 9, Apple juga memperkenalkan multitasking untuk pengguna iPad. Selain itu juga tambahan pada Apple Maps (peta didalam sebuah bangunan) dan juga Apple News merupakan tambahan yang signifikan dibandingkan dengan pendahulunya (iOS 8). Perubahan pada tampilan multitasking juga dapat kita bandingkan dengan iOS 8.

·        Power Saving mode menjadi fitur terbaik di iOS 9


·        Tampilan baru Multitasking iOS 9




10. iOS 10 (Tahun 2016)











pada iOS 10 ini, menurut saya yang paling terlihat perubahannya dibandingkan dengan iOS 9 adalah dapat kita lihat pada bagian lock screennya. Kalau pada iOS 9 jika kita ingin membuka iPhone kita, kita perlu menggeser layar untuk dapat membukanya. Tapi sekarang, kita hanya perlu menekan home button untuk dapat membukanya. Pada tampilan folder, tampilan belakangnya akan menjadi blur. Dan juga pada kontak, akan ada tombol pesan, telfon hingga video call ebelumnya di iOS 8 belum ada seperti ini. iMessage juga mengalami perubahan dibanding iOS sebelumnya. Pada iMessage, tampilannya sudah semakin mirip dengan aplikasi chatting lainnya, menu emoji juga ada di perbaharuan ini. Pada photos (gallery), kita dapat mengurutkan foto-foto sesuai wajah, jadi apabila kita memiliki beberapa foto teman kita, device kita dapat mengenali wajah tersebut. Maka dari itu kita dapat dengan mudah mencari foto dari teman kita tersebut.

·        Lockscreen (perubahan dari iOS sebelumnya)


·        Pendeteksi Wajah (photo) pada iOS 10




11. iOS 11 (Tahun 2017)










ini dia iOS yang baru saja dirilis tahun ini, yaitu iOS 11. Menurut saya pada iOS 11 ini yang merupakan inovasi paling baik adalah fitur baru screenshoot dan screen recording. Dulu saat kita screenshoot sesuatu, foto tersebut akan langsung masuk ke gallery, tapi sekarang kita dapat meng-cropnya terlebih dahulu sebelum menyimpannya. Dan juga screen recording, di iOS sebelumnya, tidak ada fitur ini, maka dari itu menurut saya ini merupakan fitur yang baik di update iOS kali ini. Selain itu juga, keyboard pada iPhone mengalami pembaruan. Yaitu, sekarang keyboard dapat digunakan dengan satu jari. Mode one-handed keyboard. Dan juga pada siri ada pembaruan lainnya, yaitu siri kembali dengan tampilan lebih pintar. Akan hadir juga dengan suara pria dan wanita dengan berbagai macam bahasa. Bagi warga negara indonesia mungkin kesulitan untuk menggunakan siri apabila pengucapan bahasa inggris kurang tepat, sekarang siri hadir kembali dengan fitur type to siri! Yaitu kita dapat menuliskan apa yang ingin kita katakan pada siri. Perubahan lain yang pasti dirasakan oleh pengguna setia iOS adalah pada bagian control centernya. Dibandingkan dengan control center iOS pendahulunya, iOS 11 mengusung tampilan yang lebih elegan dibandingkan dengan iOS dibelakangnya.

·        Screen Recording diperkenalkan pertama kali di iOS 11


·        One Handed keyboard juga diperkenalkan di iOS 11


·        Type to Siri pada iOS 11


·        Perubahan Control Center iOS 11



Jadi iOS setiap generasinya, dari iOS 1 sampai dengan yang terbaru, yaitu iOS 11 selalu memiliki pembaharuan atau tambahan yang berguna dan juga sangat baik. Dari iOS ke iOS setelahnya juga selalu ada poin dimana terlihat perkembangan yang sangat signifikan. Walaupun iOS memang tidak semudah cara pemakaiannya dibandingkan dengan Android, tetapi masih ada pengguna setia yang selalu mengupdate iOS di device mereka apabila update baru telah dirilis. Begitu juga menurut saya, setiap generasi dari iOS selalu mengembangkan dari iOS sebelumnya dan itu merupakan hal yang sangat patut diacungi jempol karena Apple selalu berusaha memperbaiki diri mereka sendiri agar lebih baik kedepannya.

Referensi:




Komentar

  1. MADAM TOGEL merupakan situs agen judi togel online resmi terpercaya dan terpopuler 24 jam yang menyediakan 14 pasaran internasional dengan bayaran jackpot tertinggi sebesar Rp.9.800.000,-.

    Dengan minimal deposit 10.000 dan minimal betting 100 perak bebas invest tanpa batasan line!!!

    PROMO & BONUS MADAMTOGEL
    - BONUS NEW MEMBER 10%
    - BONUS HARIAN 5.000 PERAK
    - BONUS CASHBACK 10%
    - BONUS TERBALIK LURUS
    - BONUS PRIZE 2 & 3
    - BONUS REFFERAL TOGEL 2%


    Dan Untuk memudahkan dalam mecapai Jackpot (JP) MADAM TOGEL sudah menyiapkan SEMUA PREDIKSI di setiap 14 PASARAN tsb

    👉👉👉 LINK DAFTAR & LINK PREDIKSI : PREDIKSI MADAM TOGEL 👈👈👈

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menghubungkan Lighstick EXO ver.2 dengan aplikasi WYTH

Cara Menghubungkan Lighstick EXO ver.2 dengan aplikasi WYTH EXO mengeluarkan lightstick versi terbaru, yaitu EXO lightstick ver.2. dimana kemampuan dibandingkan dengan versi sebelumnya adalah perubahan warna. disini kita dapat mengetahui apakah lightstick kita official atau tidak, karena jika official lightstick kita dapat di hubungkan dengan aplikasi WYTH ini. 1. Search WYTH di app store bagi yang meggunakan iOS, sedangkan pengguna android search di Google Play dan kemudian install aplikasinya. 2. buka aplikasi WYTH, kemudian log in dengan akun mu! 3. pasang foto profil dan nickname kamu! 4. disini ada 2 pilihan, scan barcode yang ada di tiket konser dengan memasukkan secara manual nomor kursi kita. Jika scan nya tidak berhasil, maka pilihlah memasukkan manual nomor kursi kita. 5. jika berhasil menggunakan scan barcode, maka nomor kursi kamu akan secara otomatis muncul. 6. periksa kembali apakah yang ada di aplikasi

Kasus di sebuah perusahaan / instansi yang menyebabkan diperlukannya audit teknologi sistem informasi

Warganet diramaikan dengan kejadian hilangnya saldo milik nasabah PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) secara tiba-tiba. Nasabah terkait menceritakan tragedi yang menimpanya via Twitter. Melalui akun @abunga***, nasabah menyebut telah kehilangan uang total Rp 16 juta pada 25 Desember 2019. “Tepat saat aku bangun shalat subuh dan aktifkan hp dan jeng jeng masuk notifikasi penarikan beberapa kali total 16jt. Sumpah shock banget dan langsung cek kartu ATM & buku rekening semuanya aman masih ada sama saya,” demikian tulis pemilik akun Twitter tersebut, seperti dikutip dari  Tempo.co , pada Selasa 21 Januari 2020. Nasabah tersebut kemudian langsung menghubungi pihak BRI untuk dibuatkan laporan dan melakukan pemblokiran kartu ATM. Dia juga mendatangi kantor BRI terdekat untuk melaporkan kejadian yang menimpanya. Akan tetapi, pada saat membuat laporan, nasabah tersebut mendapat penjelasan bahwa penarikan uang via ATM tidak mungkin dilakukan hingga Rp 16 juta per hari

IT Network atau IT Jaringan

IT NETWORK Sebelum memasuki dunia kerja, ada baiknya kita memilih manakah profesi yang pas untuk kita. Jangan hanya lihat dari berapa banyak gajinya, tetapi seberapa pas juga kita di bagian yang kita pilih tersebut. Dapat kita lihat di judul postingan saya kali ini, saya akan membahas tentang IT Network. Pada zaman yang sudah sangat maju di bidang IT nya ini, semua perusahaan pasti membutuhkan tenaga kerja dibidang IT.  Menjadi IT di sebuah perusahaan yang mempunyai banyak cabang saja sudah cukup sibuk, apalagi menjadi IT Jaringan atau IT Network ini. Sebelumnya, apa sih IT Network ini? IT Network atau IT Jaringan adalah seseorang yang berkecimpung didalam teknik jaringan komputer, dari maintain jaringan sampai dengan mengatur jaringan. ·          Job Description IT Network Sebenarnya, secara garis besar tugas dari IT Network adalah untuk melakukan pemasangan/instalasi hardware, sistem ataupun software, maintenance,