Langsung ke konten utama

Sejarah Berdirinya Aplikasi LINE

Sejarah Berdirinya Aplikasi LINE


Mendengar aplikasi yang satu ini sudah tidak asing bagi anda pengguna aplikasi chatting, tapi sudah tau belum siapa penemu aplikasi LINE yang sering kita gunakan ini? Nah saya akan membahasnya, simak di bawah ini.

LINE adalah sebuah aplikasi pengirim pesan instan gratis yang dapat digunakan pada berbagai platform seperti smartphone, tablet, dan komputer. LINE difungsikan dengan menggunakan jaringan internet sehingga pengguna LINE dapat melakukan aktivitas seperti mengirim pesan teks, mengirim gambar, video, pesan suara, dan lain lain. LINE diklaim sebagai aplikasi pengirim pesan instan terlaris di 42 negara. Nama LINE terispirasi dari antrean banyak orang di telepon publik setelah gempa yang terjadi di jepang. Tak diduga, Line sangat diminati dan berkembang pesar. Bahkan pada Oktober 2011, layanan ini sempat mengalami overload dan terganggu karena banyaknya pengguna.



LINE dikembangkan oleh perusahaan Jepang bernama NHN Corporation. LINE pertama kali dirilis pada Juni 2011 dan mulanya hanya dapat digunakan pada sistem iOS dan Android. Setelah sukses pada kedua sistem tersebut LINE masuk dalam sistem operasi besutan BlackBerry. Lalau pada tahun 2012, LINE resmi meluncurkan aplikasi yang dapat digunakan pada perangkat Mac dan Windows.

Kesuksesan LINE sebagai aplikasi pengirim pesan instan terlihat dari pengguna yang mencapai 101 juta di 230 negara di dunia. LINE menduduki posisi 1 dalam kategori aplikasi gratis di 42 negara, di antaranya Jepang, Taiwan, Spanyol, Rusia, Hong Kong, Thailand, Singapura, Malaysia, Macau, Swiss, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan lain-lain. LINE akan membuka kantor di Indonesia secara resmi pada pertengahan 2012

Penemu LINE 
Hae Jin yang merupakan seorang sarjana dari Korea Selatan. Diketahui bahwa Line merupakan sebuah aplikasi pengirim pesan instan gratis yang dapat digunakan pada berbagai platform seperti telepon cerdas, tablet, dan komputer.


LINE difungsikan dengan menggunakan jaringan internet sehingga pengguna Line dapat melakukan aktivitas seperti mengirim pesan teks, mengirim gambar, video, pesan suara, dan lain lain. LINE diklaim sebagai aplikasi pengirim pesan instan terlaris di 42 negara.

Biodata Penemu LINE
Nama Lengkap : Cecilia Hae Jin Lee
Lahir : 14 November 1967 di Seoul, Korea Selatan.
Kewarganergaraan : Korea Selatan
Pendidikan Terakhir : Bachelor of Arts / Science, Seoul National University; Master of Science, Korea Advanced Institute of Science and Technology.
Status Pernikahan : Menikah
Anak : 2 orang.
Jumlah Kekayaan : Lebih Kurang $990 Million.
Pekerjaan sekarang : Chairman and Chief Strategy Officer of Naver Corporation.
Karya : Aplikasi messenger LINE, search engine NAVER.

Perjalanan Karir Lee Hae Jin

Dimulai dari awal karirnya, Lee setelah lulus dia bekerja di Samsung SDS, anak usaha dari Samsung Group. Setelah itu dia berpindah kerja ke perusahaan lain. Dan akhirnya perusahaan asal Jepang, NHN Corporation (Next Human Network) berhasil meminang Lee. Dan pada 4 September 2013, NHN berubah nama menjadi Naver Corporation, dan dia sebagai pendirinya. 



Disanalah dia berhasil menciptakan NAVER.com pada tahun 1999. Naver.com awalnya hanya search engine seperti Google, dan ditambahi sebuah hangame sebagai hiburan. Dan sejak pendiriannya, Naver.com menjadi search engine terpopuler di Korea Selatan sampai sekarang. Berkat Naver, Korea Selatan masuk Negara-negara yang tidak diminasi oleh Google. Disana perusahaan ini pula, Lee berhasil menciptakan sebuah aplikasi messenger LINE, yang begitu laris sampai sekarang.

Aplikasi LINE Dirilis
pada tahun 2011 oleh Naver Corp. dan dapat dioperasikan di perangkat berbasis Android dan iOS. Nama LINE sendiri berasal dari inspirasinya saat melihat banyak orang Jepang mengantri telepon umum setelah terjadi gempa di Jepang pada tahun 2011.

Karena sukses diminati banyak orang, LINE mengeluarkan versi platform Blackberry. Setelah itu tahun 2012 LINE meluncurkan aplikasi LINE yang bisa digunakan di platform desktop, yaitu Windows dan Machintosh. Line merupakan aplikasi menduduki posisi 1 dalam kategori aplikasi gratis di 42 negara, di antaranya Jepang, Taiwan, Spanyol, Rusia, Hong Kong, Thailand, Singapura, Malaysia, Macau, Swiss, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan beberapa negara lainnya.

Ada 12 bahasa yang didukung oleh LINE, yaitu:
·        Indonesia
·        Inggris
·        Jerman
·        Jepang
·        Korea
·        Thailand
·        Mandarin
·        Perancis
·        Spanyol
·        Malaysia
·        Turki
·        Vietnam.

Kini Lee Hae Jin sudah mengembangkan aplikasi LINE tidak hanya sekedar aplikasi messenger, namun ada banyak variasi dari aplikasi LINE ini yang menjangkau berbagai aspek.


Ada untuk penamaan aplikasi game ciptaan Naver, seperti LINE GET RICH, LINE RANGERS, dan lainnya seperti:

·        Aplikasi dompet virtual LINE PAY,
·        Aplikasi cctv LINE CCTV
·        Aplikasi menggambar LINE BRUSH
·        Aplikasi LINE ANTIVIRUS
·        Aplikasi LINE LIVE PLAYER untuk memainkan video dan musik
·        Aplikasi translator bahasa
·        Aplikasi komik online LINE WEBTOON
·        Aplikasi bisnis LINE @
·        Aplikasi LINE CAMERA
·        Aplikasi LINE CARD untuk berbagi kartu ucapan.

Pengembangan Aplikasi LINE
LINE dikembangkan oleh perusahaan Jepang bernama NHN Corporation. LINE pertama kali dirilis pada Juni 2011 dan mulanya hanya dapat digunakan pada sistem iOS dan Android. Setelah sukses pada kedua sistem tersebut LINE masuk dalam sistem operasi besutan BlackBerry. Lalu pada tahun 2012, LINE resmi meluncurkan aplikasi yang dapat digunakan pada perangkat Mac dan Windows.

Kesuksesan LINE sebagai aplikasi pengirim pesan instan terlihat dari pengguna yang mencapai 101 juta di 230 negara di dunia. LINE menduduki posisi 1 dalam kategori aplikasi gratis di 42 negara, di antaranya Jepang, Taiwan, Spanyol, Rusia, Hong Kong, Thailand, Singapura, Malaysia, Macau, Swiss, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan lain-lain.

LINE, merupakan aplikasi messenger yang mana kita bisa chatting dengan sesama pengguna LINE. Di aplikasi itu kita bisa saling mengirim stiker yang berisi kata-kata atau gambar, bisa telepon atau telepon dengan video ke pengguna lain. Juga bisa membuat group, dimana kita disana bisa saling chat dengan semua orang yang terhubung di group. Aplikasi ini gratis untuk diunduh ke perangkat smartphone kita, hanya saja ada beberapa konten yang dimana kita harus membayar untuk menggunakannya.

Refensi:




Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menghubungkan Lighstick EXO ver.2 dengan aplikasi WYTH

Cara Menghubungkan Lighstick EXO ver.2 dengan aplikasi WYTH EXO mengeluarkan lightstick versi terbaru, yaitu EXO lightstick ver.2. dimana kemampuan dibandingkan dengan versi sebelumnya adalah perubahan warna. disini kita dapat mengetahui apakah lightstick kita official atau tidak, karena jika official lightstick kita dapat di hubungkan dengan aplikasi WYTH ini. 1. Search WYTH di app store bagi yang meggunakan iOS, sedangkan pengguna android search di Google Play dan kemudian install aplikasinya. 2. buka aplikasi WYTH, kemudian log in dengan akun mu! 3. pasang foto profil dan nickname kamu! 4. disini ada 2 pilihan, scan barcode yang ada di tiket konser dengan memasukkan secara manual nomor kursi kita. Jika scan nya tidak berhasil, maka pilihlah memasukkan manual nomor kursi kita. 5. jika berhasil menggunakan scan barcode, maka nomor kursi kamu akan secara otomatis muncul. 6. periksa kembali apakah yang ada di aplikasi

Kasus di sebuah perusahaan / instansi yang menyebabkan diperlukannya audit teknologi sistem informasi

Warganet diramaikan dengan kejadian hilangnya saldo milik nasabah PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) secara tiba-tiba. Nasabah terkait menceritakan tragedi yang menimpanya via Twitter. Melalui akun @abunga***, nasabah menyebut telah kehilangan uang total Rp 16 juta pada 25 Desember 2019. “Tepat saat aku bangun shalat subuh dan aktifkan hp dan jeng jeng masuk notifikasi penarikan beberapa kali total 16jt. Sumpah shock banget dan langsung cek kartu ATM & buku rekening semuanya aman masih ada sama saya,” demikian tulis pemilik akun Twitter tersebut, seperti dikutip dari  Tempo.co , pada Selasa 21 Januari 2020. Nasabah tersebut kemudian langsung menghubungi pihak BRI untuk dibuatkan laporan dan melakukan pemblokiran kartu ATM. Dia juga mendatangi kantor BRI terdekat untuk melaporkan kejadian yang menimpanya. Akan tetapi, pada saat membuat laporan, nasabah tersebut mendapat penjelasan bahwa penarikan uang via ATM tidak mungkin dilakukan hingga Rp 16 juta per hari

IT Network atau IT Jaringan

IT NETWORK Sebelum memasuki dunia kerja, ada baiknya kita memilih manakah profesi yang pas untuk kita. Jangan hanya lihat dari berapa banyak gajinya, tetapi seberapa pas juga kita di bagian yang kita pilih tersebut. Dapat kita lihat di judul postingan saya kali ini, saya akan membahas tentang IT Network. Pada zaman yang sudah sangat maju di bidang IT nya ini, semua perusahaan pasti membutuhkan tenaga kerja dibidang IT.  Menjadi IT di sebuah perusahaan yang mempunyai banyak cabang saja sudah cukup sibuk, apalagi menjadi IT Jaringan atau IT Network ini. Sebelumnya, apa sih IT Network ini? IT Network atau IT Jaringan adalah seseorang yang berkecimpung didalam teknik jaringan komputer, dari maintain jaringan sampai dengan mengatur jaringan. ·          Job Description IT Network Sebenarnya, secara garis besar tugas dari IT Network adalah untuk melakukan pemasangan/instalasi hardware, sistem ataupun software, maintenance,