Langsung ke konten utama

IT Network atau IT Jaringan

IT NETWORK



Sebelum memasuki dunia kerja, ada baiknya kita memilih manakah profesi yang pas untuk kita. Jangan hanya lihat dari berapa banyak gajinya, tetapi seberapa pas juga kita di bagian yang kita pilih tersebut. Dapat kita lihat di judul postingan saya kali ini, saya akan membahas tentang IT Network. Pada zaman yang sudah sangat maju di bidang IT nya ini, semua perusahaan pasti membutuhkan tenaga kerja dibidang IT.  Menjadi IT di sebuah perusahaan yang mempunyai banyak cabang saja sudah cukup sibuk, apalagi menjadi IT Jaringan atau IT Network ini. Sebelumnya, apa sih IT Network ini? IT Network atau IT Jaringan adalah seseorang yang berkecimpung didalam teknik jaringan komputer, dari maintain jaringan sampai dengan mengatur jaringan.


·        Job Description IT Network
Sebenarnya, secara garis besar tugas dari IT Network adalah untuk melakukan pemasangan/instalasi hardware, sistem ataupun software, maintenance, dan pengkonfigurasian jaringan. Tetapi selain itu, IT Network juga memiliki tugas lainnya, yaitu:
o   monitoring. Misalnya tiba-tiba pukul 1 malam ada peningkatan traffic jaringan. Maka dari itu perlu selalu dimonitori. Apabila ada kesalahan sehingga dapat di perbaiki secepatnya.
o   troubleshooting. Misalnya kadang kita suka bingung apabila wifi rumah kita tidak bisa connect di laptop, padahal menyala. Disini tugas dari IT Jaringan mengecek apa laptopnya atau jaringan wifi nya yang error.
o   menganalisis network
o   membuat bandwidth management, agar tidak terjadi rebutan bandwidth antar user.
o   untuk merawat jaringan dan perangkat jaringan
o   mengatur protokol untuk backup dan restore didalam sistem
o   perbaikan jaringan apabila ada kerusakan, mendokumentasikan permasalahan yang terjadi pada jaringan untuk menjadi pelajaran apabila di masa yang akan datang terjadi masalah yang sama kita sudah tau apa yang harus dilakukan.
o   Mengatur akun untuk pengguna, dan juga perizinan akun pengguna dan tentu juga sistem keamanan untuk jaringan
o   Dan lain-lain.

·        Keahlian apa yang diperlukan oleh IT Jaringan?

          keahlian yang diperlukan untuk dapat menjadi IT jaringan yang baik yaitu salahsatunya adalah setidaknya untuk ditahap permulaan diwajibkan untuk memahami dengan baik dasar-dasar jaringan, seperti OSI Layer, TCP, dll. akan jauh lebih baik lagi apabila seorang IT Network memiliki sertifikasi agar dapat terbukti bahwa dia memiliki keahlian dan pengalaman. di dunia kerja, sertifikasi lebih bernilai tinggi dibandingkan ijazah S1 kita. Apabila kita tidak bermodalkan sertifikasi apapun, akan lebih susah mendapatkan kerja dibandingkan dengan orang yang memiliki modal sertifikasi. Misalnya, si A memiliki sertifikasi Cisco, tapi si B tidak. Maka menurut saya si A akan lebih dahulu di lihat CV nya dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki sertifikasi sama sekali. Apabila kita tidak memiliki sertifikasi, padahal sebenarnya kita sangat mahir dalam misalnya pengoprasian Mikrotik, orang yang melihat kita tidak akan mudah percaya bahwa kita benar ahli dan berpengalaman. dan juga sertifikasi tentu menentukan seberapa gaji yang akan kita terima. Apabila sertifikasi kita sedikit, ya maka gaji kita tidak akan sebanyak orang yang memiliki banyak sertifikasi.












Untuk lebih jelasnya lagi mengenai pekerjaan IT Network, saya mewawancarai Pak Ananda. beliau bekerja di Bank DBS sebagai IT Network atau IT Jaringan. Menurut beliau, di bidangnya itu, merupakan bidang yang dapat dibilang cukup sibuk karena beliau bekerja dari pagi bahkan sering lembur dikarenakan memang bekerjanya dibidang jaringan, yang akan terus butuh di maintain terus. Secara garis besar, apa yang beliau lakukan di perusahaan tersebut adalah, menjaga jaringan perusahaan tersebut agar tetap berjalan dengan lancar, memonitoring, troubleshooting dan memelihara jaringan. Beliau juga pernah bekerja di perusahaan yang mempunyai kantor pusat diluar negeri. 
Beliau bilang pekerjaan itu akan lebih berat karena kita tidak boleh lengah sedikit apabila ada kesalahan sedikit dan misalnya suatu kantor pusat tidak menerima apa yang seharusnya dapat diterima dikarenakan adanya masalah pada jaringan, maka akan sangat berakibat fatal. Apabila pada perusahaan kecil yang hanya ada beberapa orang saja, maka jaringan yang digunakan atau diperlukan juga tentu lebih sederhana jika dibandingan dengan perusahaan besar seperti apa yang dikatakan pak Ananda tadi. Maka dari itu, beliau berkata IT Jaringan harus selalu stand by apabila dipanggil ke kantor untuk memperbaiki masalah yang ada pada jaringan tersebut. Beliau juga berkata, salah satu kesulitan yang dialaminya selama menjadi IT Jaringan adalah kita dituntut untuk dapat mengerti cara kerja mesin.

Jadi menurut saya itu IT Jaringan/IT Network atau yang biasa orang-orang sebut sebagai Network Engineer merupakan profesi yang tidak mudah. saya ingin menjadi Network Engineer karena saya tertarik dibidang Jaringan. Untuk menjadi IT Jaringan yang baik kita harus memiliki sertifikasi yang banyak dan juga untuk mendapatkan sertifikasi tersebut tidak lah mudah dan juga tidak murah untuk biayanya. Untuk dapat mempelajari agar bisa menjadi IT Network atau Network Engineer sebenarnya kita tidak perlu kita mengikuti perkuliahan formal di universitas, apabila kita misalnya memiliki sertifikasi cisco, kita dapat menjadi Network Engineer walaupun kita orang awam sekalipun. Sekarang pun banyak dapat kita temukan di website-website yang tersebar di google yang dapat dijadikan bahan pembelajaran untuk kita dapat setidaknya memahami dasar-dasar dari jaringan. 


Referensi:
http://www.troubleshootingkomputer.com/2014/07/profesi-menjadi-it-jaringan-network.html
http://achmadjournal.com/2014/06/30/apa-itu-network-engineer-program-studi-apa-yang-dapat-menjadikan-network-engineer/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menghubungkan Lighstick EXO ver.2 dengan aplikasi WYTH

Cara Menghubungkan Lighstick EXO ver.2 dengan aplikasi WYTH EXO mengeluarkan lightstick versi terbaru, yaitu EXO lightstick ver.2. dimana kemampuan dibandingkan dengan versi sebelumnya adalah perubahan warna. disini kita dapat mengetahui apakah lightstick kita official atau tidak, karena jika official lightstick kita dapat di hubungkan dengan aplikasi WYTH ini. 1. Search WYTH di app store bagi yang meggunakan iOS, sedangkan pengguna android search di Google Play dan kemudian install aplikasinya. 2. buka aplikasi WYTH, kemudian log in dengan akun mu! 3. pasang foto profil dan nickname kamu! 4. disini ada 2 pilihan, scan barcode yang ada di tiket konser dengan memasukkan secara manual nomor kursi kita. Jika scan nya tidak berhasil, maka pilihlah memasukkan manual nomor kursi kita. 5. jika berhasil menggunakan scan barcode, maka nomor kursi kamu akan secara otomatis muncul. 6. periksa kembali apakah yang ada di aplikasi

Kasus di sebuah perusahaan / instansi yang menyebabkan diperlukannya audit teknologi sistem informasi

Warganet diramaikan dengan kejadian hilangnya saldo milik nasabah PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) secara tiba-tiba. Nasabah terkait menceritakan tragedi yang menimpanya via Twitter. Melalui akun @abunga***, nasabah menyebut telah kehilangan uang total Rp 16 juta pada 25 Desember 2019. “Tepat saat aku bangun shalat subuh dan aktifkan hp dan jeng jeng masuk notifikasi penarikan beberapa kali total 16jt. Sumpah shock banget dan langsung cek kartu ATM & buku rekening semuanya aman masih ada sama saya,” demikian tulis pemilik akun Twitter tersebut, seperti dikutip dari  Tempo.co , pada Selasa 21 Januari 2020. Nasabah tersebut kemudian langsung menghubungi pihak BRI untuk dibuatkan laporan dan melakukan pemblokiran kartu ATM. Dia juga mendatangi kantor BRI terdekat untuk melaporkan kejadian yang menimpanya. Akan tetapi, pada saat membuat laporan, nasabah tersebut mendapat penjelasan bahwa penarikan uang via ATM tidak mungkin dilakukan hingga Rp 16 juta per hari