Langsung ke konten utama

Peng. Teknologi Sistem Cerdas

Hasil gambar untuk teknologi sistem cerdas
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Teknologi sistem cerdas. Sebelumnya seperti yang kita ketahui, di zaman yang teknologinya sudah sangat maju ini dapat kita lihat dimana-mana semuanya sudah serba cerdas. Dalam artian, teknologi di zaman sekarang ini sudah sangat berkembang pesat dibandingkan dengan zaman dulu. Apalagi, sekarang semua penemu-penemu sudah mulai menemukan penemuan yang sebelumnya belum ada dan tentunya cerdas. Dalam artian cerdas, adalah kecerdasan buatan ini sudah bisa berfikir sendiri atau bahkan mengatur pengaturannya sendiri. Seperti robot pembersih rumah, dan lain-lain.

A.      Definisi Pengantar Teknologi Sistem Cerdas
Pengantar Teknologi Sistem Cerdas adalah salah satu mata kuliah yang mempelajari tentang ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan pemanfaatan kecerdasan buatan atau yang sering kita dengar dengan nama Artificial Intelligence (AI) dan kecerdasan tersebut tentunya membantu masalah ataupun keseharian manusia.
Apa itu Artificial Intelligence (AI)? Menurut wikipedia, Artificial Intelligence adalah Kecerdasan Buatan atau kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah atau Intelegensi Artifisial (bahasa inggris: Artificial Intelligence atau hanya disingkat AI) didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzyjaringan saraf tiruan dan robotika.

B.      Sejarah Teknologi Sistem Cerdas

Pada awal abad ke-17, René Descartes menyatakan bahwa tubuh hewan itu merupakan sebuah mesin-mesin yang rumit. Pada saat itu juga Blaise Pascal menciptakan mesin penghitung digital mekanis pertama pada tahun 1642.  Pada Tahun 1950-an adalah merupakan periode usaha aktif dalam AI. Program AI pertama yang bekerja ditulis pada 1951 untuk menjalankan mesin Ferranti Mark I di University of Manchester (UK): sebuah program permainan naskah yang ditulis oleh Christopher Strachey dan program permainan catur yang ditulis oleh Dietrich Prinz.
Selama tahun 1960-an dan 1970-an, Joel Moses mendemonstrasikan kekuatan pertimbangan simbolis untuk mengintegrasikan masalah di dalam program Macsyma, program berbasis pengetahuan yang sukses pertama kali dalam bidang matematika. Marvin Minsky dan Seymour Papert menerbitkan Perceptrons, yang mendemostrasikan batas jaringan syaraf sederhana dan Alain Colmerauer mengembangkan bahasa komputer Prolog. Ted Shortliffe mendemonstrasikan kekuatan sistem berbasis aturan untuk representasi pengetahuan dan inferensi dalam diagnosa dan terapi medis yang kadangkala disebut sebagai sistem pakar pertama. Hans Moravec mengembangkan kendaraan terkendali komputer pertama untuk mengatasi jalan berintang yang kusut secara mandiri.
Pada tahun 1980-an, jaringan syaraf digunakan secara meluas dengan algoritma perambatan balik, pertama kali diterangkan oleh Paul John Werbos pada 1974. Tahun 1990-an ditandai perolehan besar dalam berbagai bidang AI dan demonstrasi berbagai macam aplikasi. Lebih khusus Deep Blue, sebuah komputer permainan catur, mengalahkan Garry Kasparov dalam sebuah pertandingan 6 game yang terkenal pada tahun 1997. DARPA menyatakan bahwa biaya yang disimpan melalui penerapan metode AI untuk unit penjadwalan dalam Perang Teluk pertama telah mengganti seluruh investasi dalam penelitian AI sejak tahun 1950 pada pemerintah AS.
Tantangan Hebat DARPA, yang dimulai pada 2004 dan berlanjut hingga hari ini, adalah sebuah pacuan untuk hadiah $2 juta dimana kendaraan dikemudikan sendiri tanpa komunikasi dengan manusia, menggunakan GPS, komputer dan susunan sensor yang canggih, melintasi beberapa ratus mil daerah gurun yang menantang.


C.      Contoh Penerapan Teknologi Sistem Cerdas di kehidupan sehari-hari

1. SmartThings (Samsung)


Hasil gambar untuk smartthings

SmartThings merupakan aplikasi yang tersedia di Play Store dan App Store yang dimana aplikasi tersebut berfungsi untuk mengatur peralatan yang ada dirumah anda dan menghubungkannya dengan smartphone kita. Dalam artian semua peralatan dirumah kita, seperti lampu, televisi, kulkas, pendingin ruangan, dan lain-lainnya ada dalam pantauan kita. Karena semua hal yang menyangkut peralatan tersebut dapat kita kontrol melalui sentuhan saja di layar smartphone kita. Fitur yang ditawarkan oleh smartThings sebenarnya mirip dengan Google Home, akan tetapi SmartThings ini lebih memfokuskan kepada perangkat samsung. Apa saja yang bisa dilakukan oleh SmartThings? Bayangkan di pagi hari apabila kita terlambat ke kantor, anda lupa mematikan lampu dan televisi kita. kita tidak perlu khawatir, karena dengan menggunakan SmartThings ini (tentunya sudah diconnect terlebih dahulu) anda dapat mematikan televisi dan lampu anda dari jarak jauh. Apabila anda kehilangan remote tv kita, kita juga dapat menggunakan SmartThings ini sebagai remote TV.



Selain itu, kita juga bisa mengatur suhu ruangan dengan menggunakan perangkat yang kompatible. Apabila kita merasa ruangan terlalu dingin, kita dapat menaikkan suhu di ruangan tesebut. Begitu juga dengan kunci pintu, apabila kita merasa belum yakin sudah mengunci pintu rumah pasti akan sangat tidak enak bukan karena kepikiran terus. Dengan aplikasi ini kita dapat mengecek apakah benar sudah terkunci atau belum. Begitu juga dengan pendingin ruangan, robot pembersih ruangan, dan juga mesin cuci. Semua ada dalam jangkauan kita. Dan tentu masih banyak lagi hal-hal yang dapat dilakukan oleh aplikasi SmartThings ini.

2. Locker di Jepang


Hasil gambar untuk locker japan

Jepang terkenal dengan teknologinya yang sudah sangat maju. Dapat dilihat dari locker yang ada di jepang. Locker tersebut jika dilihat dari kejauhan sama saja dengan loker yang menggunakan kunci seperti loker kebanyakan. Saya sendiri merasakan menggunakan locker tersebut. Jadi hal pertama yang kita lakukan apabila ingin menggunakan locker tersebut adalah pertama-tama cari locker yang masih kosong. Kemudian masukkan koper kita/barang kita kedalamnya. Setelah itu, pergi ke layar yang ada di dekat locker, setelah itu tekan pilihan “Put in your Baggage”. Setelah itu tekan tombol yang ada di locker kita. Setelah itu layar akan menampilkan nomor loker kita dan lokasi loker kita. Setelah itu kita diberi pilihan untuk membayar menggunakan kartu IC atau cash. Setelah itu masukkan uang kedalam mesin tersebut. Setelah itu nanti akan keluar kertas semacam struk yang berisikan QR code. Jangan hilangkan struk tersebut, karena struk tersebut akan digunakan untuk mengambil/mengeluarkan barang kita. Bagaimana cara mengeluarkan barang kita dari dalam locker tersebut? Kita hanya perlu klik “remove your Baggage”. Pilih QR Code, Setelah itu kita hanya perlu scan struk QR code kita ketempat scan yang berada di samping layar. Setelah itu, locker kita akan terbuka. mudah bukan?


3. Parkir sepeda otomatis


Gambar terkait











Seperti yang kita ketahui, di jepang masih banyak yang menggunakan sepeda sebagai kendaraan sehari-hari. Dikarenakan banyaknya pengguna sepeda dan juga sedikitnya lahan parkir, maka sebuah perusahaan konstruksi Giken memberikan solusinya. Mereka menciptakan Eco Cycle. Yaitu tempat parkir yang berada dibawah tanah. Sistemnya menggunakan lift, Jadi ketika kita ingin memarkirkan sepeda kita, kita hanya perlu memasukkan sepeda kita kedalam lift tersebut kemudian kita hanya perlu menekan tombol yang ada didekat lift tersebut. Setelah itu lift akan otomatis membawa sepeda kita kebawah tanah untuk di parkirkan dan kemudian mesin tersebut akan mengeluarkan tiket bernomor. Untuk membedakan dengan sepeda lainnya, jadi setiap kali parkir akan mendapatkan tiket dengan nomor yang berbeda. Untuk mengeluarkan sepeda tersebut yang diparkir didalam tanah, kita hanya perlu scan tiket kita tadi. Dan lift akan mengangkat sepeda kita. Canggih sekali ya!

4. Self Service di Supermarket


Hasil gambar untuk supermarket self checkout japan






Di jepang sudah beberapa supermarket menggunakan sistem self service. Menurut pengalaman saya, Memang nantinya di kasir akan ada pekerja supermarket tersebut. Tapi tidak melayani pembeli. Melaikan hanya menunjukkan mana mesin kasir yang kosong. Setelah kita ditunjukkan kasir nomor berapa, kita hanya perlu melakukan scan barang-barang seperti kebanyakan supermarket di indonesia dilakukan oleh pekerja supermarket tersebut, tapi di beberapa supermarket kita perlu melakukannya sendiri. Setelah scan barang-barang tersebut, kita hanya perlu memasukkan uang kita. Setelah itu kita juga harus memasukkan barang tersebut kedalam plastik sendiri.

5. voice recognition


Hasil gambar untuk voice recognition lock


Voice recognition adalah kemampuan smartphone/perangkat kita untuk mengenali suara kita. Biasanya yang lebih dikenal adalah face recognition. Yang sudah ada di iPhone X, merupakan face recognition. Tapi voice recognition ini digunakan untuk membuka kunci di smartphone kita sama seperti face recognition.


Kesimpulan
Pada zaman yang sudah sangat maju ini teknologinya, seperti yang kita ketahui sistem cerdas ini sudah sangat tersebar diseluruh dunia. Semua yang sudah ada saat ini tentu sangat membantu dan lebih meringkas pekerjaan manusia. Maka dari itu kita perlu tahu dan mengikuti perkembangan teknologi yang ada.


Referensi :



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menghubungkan Lighstick EXO ver.2 dengan aplikasi WYTH

Cara Menghubungkan Lighstick EXO ver.2 dengan aplikasi WYTH EXO mengeluarkan lightstick versi terbaru, yaitu EXO lightstick ver.2. dimana kemampuan dibandingkan dengan versi sebelumnya adalah perubahan warna. disini kita dapat mengetahui apakah lightstick kita official atau tidak, karena jika official lightstick kita dapat di hubungkan dengan aplikasi WYTH ini. 1. Search WYTH di app store bagi yang meggunakan iOS, sedangkan pengguna android search di Google Play dan kemudian install aplikasinya. 2. buka aplikasi WYTH, kemudian log in dengan akun mu! 3. pasang foto profil dan nickname kamu! 4. disini ada 2 pilihan, scan barcode yang ada di tiket konser dengan memasukkan secara manual nomor kursi kita. Jika scan nya tidak berhasil, maka pilihlah memasukkan manual nomor kursi kita. 5. jika berhasil menggunakan scan barcode, maka nomor kursi kamu akan secara otomatis muncul. 6. periksa kembali apakah yang ada di aplikasi

Kasus di sebuah perusahaan / instansi yang menyebabkan diperlukannya audit teknologi sistem informasi

Warganet diramaikan dengan kejadian hilangnya saldo milik nasabah PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) secara tiba-tiba. Nasabah terkait menceritakan tragedi yang menimpanya via Twitter. Melalui akun @abunga***, nasabah menyebut telah kehilangan uang total Rp 16 juta pada 25 Desember 2019. “Tepat saat aku bangun shalat subuh dan aktifkan hp dan jeng jeng masuk notifikasi penarikan beberapa kali total 16jt. Sumpah shock banget dan langsung cek kartu ATM & buku rekening semuanya aman masih ada sama saya,” demikian tulis pemilik akun Twitter tersebut, seperti dikutip dari  Tempo.co , pada Selasa 21 Januari 2020. Nasabah tersebut kemudian langsung menghubungi pihak BRI untuk dibuatkan laporan dan melakukan pemblokiran kartu ATM. Dia juga mendatangi kantor BRI terdekat untuk melaporkan kejadian yang menimpanya. Akan tetapi, pada saat membuat laporan, nasabah tersebut mendapat penjelasan bahwa penarikan uang via ATM tidak mungkin dilakukan hingga Rp 16 juta per hari

IT Network atau IT Jaringan

IT NETWORK Sebelum memasuki dunia kerja, ada baiknya kita memilih manakah profesi yang pas untuk kita. Jangan hanya lihat dari berapa banyak gajinya, tetapi seberapa pas juga kita di bagian yang kita pilih tersebut. Dapat kita lihat di judul postingan saya kali ini, saya akan membahas tentang IT Network. Pada zaman yang sudah sangat maju di bidang IT nya ini, semua perusahaan pasti membutuhkan tenaga kerja dibidang IT.  Menjadi IT di sebuah perusahaan yang mempunyai banyak cabang saja sudah cukup sibuk, apalagi menjadi IT Jaringan atau IT Network ini. Sebelumnya, apa sih IT Network ini? IT Network atau IT Jaringan adalah seseorang yang berkecimpung didalam teknik jaringan komputer, dari maintain jaringan sampai dengan mengatur jaringan. ·          Job Description IT Network Sebenarnya, secara garis besar tugas dari IT Network adalah untuk melakukan pemasangan/instalasi hardware, sistem ataupun software, maintenance,