Langsung ke konten utama

Perbandingan kereta di 3 negara Asia


Perbandingan penggunaan kereta di 3 negara Asia

Related image
Image result for ktx
Related image




Halo! Kembali lagi di blog saya. Kali ini saya akan membahas 3 sistem cerdas kereta di 3 negara asia. 3 negara yang saya pilih adalah jepang, korea dan Indonesia. Ada shinkansen dari jepang, KTX dari korea selatan dan Shanghai Maglev dari China. Kereta tersebut yang kita sebutkan diatas adalah kereta yang mempunyai kecepatan tinggi. Apa saja kekuarangan dan kelebihan dari masing-masing kereta? Yuk kita bahas!

1.       shinkansen dari jepang
Related image



shinkansen adalah kereta super cepat yang berasal dari negeri sakura, yaitu jepang. Di jepang, Shinkansen ini transportasi alternative selain pesawat. Sebenarnya Shinkansen ini mahal, ya tentu karena ini merupakan kereta berkecepatan tinggi. Yang tentunya berbeda dengan kereta yang biasanya. Di jepang, kereta Shinkansen ini biasanya lebih digunakan para pengguna untuk berpergian antar kota. Misalnya seperti dari Osaka ke Tokyo, dari Kyoto ke Hiroshima, Hiroshima ke Kobe, dan begitu seterusnya. Shinkansen ini memiliki daya tamping penumpang yang cukup banyak, sekitar 700 orang. Kereta ini juga melaju dengan kecepatan 320 km/jam. Saya sebelumnya pernah merasakan menggunakan transportasi Shinkansen ini, menurut saya Shinkansen ini sangat amat memudahkan kita. Dari bandara internasional narita juga shinkansen terhubung langsung di airport untuk memudahkan turis untuk dapat menggunakan kereta super cepat ini. Berikut menurut saya kekurangan dan kelebihan dari Shinkansen yang saya rasa sangat menonjol:

kelebihan:
Shinkansen tidak menimbulkan guncangan atau suara berisik seperti kereta biasanya. Saya pernah merasakan saat pertama kali menggunakan kereta cepat ini saya benar-benar tidak terganggu oleh bising nya suara kereta, ataupun guncangan-guncangan. Bahkan didalam kereta semua sangat tenang, didalam kereta ada peraturan bahwa kita tidak boleh mengangkat telfon di tempat duduk kita, kita disediakan tempat untuk mengangkat telfon dan kita diminta untuk mematikan nada dering hp kita. Hal tersebut dilakukan untuk menghargai penumpang yang lainnya. Selain itu, saya bahkan melihat ada seorang pria sedang menulis di sebuah buku dengan tenangnya. Dengan begitu bahwa terbukti bahwa tidak ada guncangan-guncangan sehingga pria tersebut dapat menulis bahkan mengerjakan tugas. Kita juga dapat menggunakan wifi gratis didalam kereta ini, dan juga kita dapat mengisi batre laptop kita atau bahkan handphone karena terdapat stop kontak di setiap sisi tempat duduk kita.  Selain itu keunggulan dari kereta ini juga menurut saya adalah sistem pembelian tiket. Jadi di kereta ini dibagi menjadi 2. Free seat, dan reserved seat. Jadi maksudnya aka nada gerbong dimana tempat duduk disitu semua harus melakukan reservasi terlebih dahulu dan ada yang free seat yang artinya dimana kita baru beli tiket pada saat itu maka kita mendapatkan tiket tempat duduk tersebut, dan lebih murah daripada reserved seat. Jadi sesuai dengan pilihan kita juga. Kereta ini juga mendukung teknologi pendeteksi gempa, jadi nanti apabila terasa akan adanya gempa, maka kereta tersebut akan berhenti.


Kekurangan:
Tentu hal yang menjadi focus kita adalah harganya. Harganya disini tentu mahal. Karena biasanya shinkansen ini digunakan untuk transportasi antar kota. Seperti dari Osaka ke Tokyo bisa dikira-kira dengan harga hampir 1.5 juta sekali perjalanan. Sangat mahal bukan? Pemerintah jepang memberikan kemudahan untuk para turis agar dapat menggunakan Shinkansen. Jadi pemerintah jepang menjual sebuah pass dimana pass tersebut dapat kita gunakan untuk menggunakan kereta shinkansen. Harga yang saya keluarkan untuk pass tersebut adalah 2.3 juta untuk seminggu. Pass tersebut dapat kita gunakan berulang-ulang kali tidak ada limit pemakaian. Sangat bagus bukan? Tetapi ada minusnya nih, karena kereta shinkansen yang kita bisa gunakan tidak semua jenis Shinkansen, ada beberapa Shinkansen yang tidak diperbolehkan. Jadi Shinkansen yang termahal alias tercepat tidak dapat kami gunakan dengan menggunakan pass tersebut.

(tambahan, saya juga akan menunjukkan bagaimana caranya untuk dapat naik kereta Shinkansen ini)



2.       KTX dari Korea Selatan

Image result for ktx logo


KTX merupakan singkatan dari Korea Train Xpress. KTX juga merupakan kereta berkecepatan tinggi. Kecepatannya bisa sampai 300 km/jam. Sebelumnya saya juga pernah naik KTX ini, nyaman seperti Shinkansen sebenarnya tidak jauh berebeda. Berikut menurut saya kekurangan dan kelebihan dari KTX ini:

Kelebihan:
KTX ini satu-satunya kereta tercepat di korea, jenis ini juga tidak memiliki guncangan heboh dan tidak berisik seperti kereta kebanyakan. Kereta jenis ini juga dapat dibeli dengan mudah melalui web korail yaitu perusahaan yang  mengoperasikan KTX ini. selain itu, pada kereta cepat seperti ini tentu ketepatan waktu tiba kereta lalu ketika berangkat akan sangat tepat waktu. Jadi kita tidak perlu was-was apabila kereta akan terlambat jalan ataupun telat diperjalanan karena kita ada urusan penting guys! Jadi kereta ini sudah di sistem untuk berhenti dan berangkat pada waktu-waktu yang sudah di tentukan sebelumnya. Sistem perkeretaan ini sudah sangat sempurna sehingga apabila ada kesalahan satu maka akan mempengaruhi seluruh pengoperasian kereta KTX pada hari itu. Didalam rangkaian kereta, kita dapat menggunakan wifi yang telah disediakan loh!

Kekurangan:
Pada kereta KTX ini kekurangan yang sangat terasa adalah kereta lebih kecil kapasitasnya daripada kereta cepat lainnya daripada di negara lain. tidak seperti Shinkansen, KTX hanya mempunyai kapasitas 300 – 400 orang. Jadi didalam kereta tersebut pun terasa sempit. Selain dari kapasitasnya, kekurangannya yang lain adalah harganya. Harganya bisa 50% lebih mahal daripada kereta biasa. Tentu KTX ini akan lebih cepat sampai pada tujuan, tetapi apabila kita harus terus menerus menggunakan KTX setiap hari kita pasti menghabiskan uang yang tentu tidak sedikit.

(tambahan, saya juga akan menunjukkan bagaimana caranya untuk dapat naik kereta KTX ini)



3.       Shanghai Maglev

Image result for shanghai maglev logo



Shanghai maglev adalah jadi kereta super cepat ini pertama kali beroperasi pada tahun 2004. Maglev ini merupakan kependekkan dari magnet levitation. Jadi kereta ini akan terasa seperti ‘melayang’. Selain itu, kereta ini dibuat dengan teknologi dari jerman loh! Kereta ini memegang gelar kereta tercepat di dunia loh saat ini! Kereta ini berkecepatan 430 km/jam. Kapasitas dari kereta ini standar, yaitu sekitar kurang lebih 500 orang. Apa saja kekurangan dan kelebihan dari kereta ini?

Kelebihan:
Kereta ini tentu kereta paling ‘aman’ dari guncangan karena dia adalah magnet levitation. Kapasitas nya juga menurut saya pas. Kereta ini juga menurut saya dengan teknologi canggih macam ini dengan kapasitas penumpang sebanyak 500 orang sangat lah lumayan. Kelebihan lainnya menurut saya kita akan dapat sangat menghemat waktu dengan kereta ini. karena sangat cepat, kereta ini melesat hanya perlu 6 menit untuk sampai ke bandara, sedangkan dengan bus harus menempuh waktu 30 menit. Cukup signifikan bukan perbedaannya?

Kekurangan:
Walaupun dia ‘aman’ dari guncangan, suara bising yang ditimbulkan lebih keras sedikit dibandingkan dengan KTX dan Shinkansen. Selain itu menurut saya sistem pembelian tiketnya juga rumit, apabila ingin kebagian tempat duduk harus pesan jauh-jauh hari di tempat yang telah ditentukan karena akan dipastikan setiap keberangkatannya akan ramai. Di kereta ini pun tidak ada wifi untuk para penumpang. Selain itu, harga disini juga tentu lebih mahal dibandingkan dengan kereta biasa lainnya.


Kesimpulan:
Ketiga kereta ini sama-sama merupakan alat transportasi yang banyak digunakan oleh penduduk masing-masing negara. Kebanyakan yang menggunakan transportasi ini adalah orang yang ingin berpergian antar kota ataupun para eksekutif yang perlu dinas keluar kota, menurut pengelihatan saya banyak yang bapak-bapak berjas di setiap rangkaian kereta super cepat ini. di antara ketiga negara ini tentu kecepatannya yang tercepat ada pada Shanghai maglev, karena maglev sendiri adalah teknologi baru pada perkeretaan yang dimana belum disemua negara dapat menerapkannya karena biaya pembuatan, dan pengoperasinnya yang cukup mahal. China saja bahkan sampai meminjam uang ke negara lain untuk membuat rangkaian kereta shanghai maglev ini agar dapat beroperasi. Ketiga kereta ini relatif lebih mahal dibandingkan dengan kereta lainnya, karena yang ditawarkan dari kereta-kereta ini adalah ‘kecepatan’ dan ‘ketepatan waktu’ dimana kereta biasa tidak dapat memberikan hal-hal tersebut. Semoga di Indonesia nanti kita dapat merasakan kereta peluru atau kereta super cepat ini ya! Sekian artikel ini saya, mohon maaf apabila ada kesalahan. Terimakasih!^^

Referensi:
https://www.rappler.com/indonesia/101200-high-speed-train-shanghai-beijing

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menghubungkan Lighstick EXO ver.2 dengan aplikasi WYTH

Cara Menghubungkan Lighstick EXO ver.2 dengan aplikasi WYTH EXO mengeluarkan lightstick versi terbaru, yaitu EXO lightstick ver.2. dimana kemampuan dibandingkan dengan versi sebelumnya adalah perubahan warna. disini kita dapat mengetahui apakah lightstick kita official atau tidak, karena jika official lightstick kita dapat di hubungkan dengan aplikasi WYTH ini. 1. Search WYTH di app store bagi yang meggunakan iOS, sedangkan pengguna android search di Google Play dan kemudian install aplikasinya. 2. buka aplikasi WYTH, kemudian log in dengan akun mu! 3. pasang foto profil dan nickname kamu! 4. disini ada 2 pilihan, scan barcode yang ada di tiket konser dengan memasukkan secara manual nomor kursi kita. Jika scan nya tidak berhasil, maka pilihlah memasukkan manual nomor kursi kita. 5. jika berhasil menggunakan scan barcode, maka nomor kursi kamu akan secara otomatis muncul. 6. periksa kembali apakah yang ada di aplikasi

Kasus di sebuah perusahaan / instansi yang menyebabkan diperlukannya audit teknologi sistem informasi

Warganet diramaikan dengan kejadian hilangnya saldo milik nasabah PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) secara tiba-tiba. Nasabah terkait menceritakan tragedi yang menimpanya via Twitter. Melalui akun @abunga***, nasabah menyebut telah kehilangan uang total Rp 16 juta pada 25 Desember 2019. “Tepat saat aku bangun shalat subuh dan aktifkan hp dan jeng jeng masuk notifikasi penarikan beberapa kali total 16jt. Sumpah shock banget dan langsung cek kartu ATM & buku rekening semuanya aman masih ada sama saya,” demikian tulis pemilik akun Twitter tersebut, seperti dikutip dari  Tempo.co , pada Selasa 21 Januari 2020. Nasabah tersebut kemudian langsung menghubungi pihak BRI untuk dibuatkan laporan dan melakukan pemblokiran kartu ATM. Dia juga mendatangi kantor BRI terdekat untuk melaporkan kejadian yang menimpanya. Akan tetapi, pada saat membuat laporan, nasabah tersebut mendapat penjelasan bahwa penarikan uang via ATM tidak mungkin dilakukan hingga Rp 16 juta per hari

IT Network atau IT Jaringan

IT NETWORK Sebelum memasuki dunia kerja, ada baiknya kita memilih manakah profesi yang pas untuk kita. Jangan hanya lihat dari berapa banyak gajinya, tetapi seberapa pas juga kita di bagian yang kita pilih tersebut. Dapat kita lihat di judul postingan saya kali ini, saya akan membahas tentang IT Network. Pada zaman yang sudah sangat maju di bidang IT nya ini, semua perusahaan pasti membutuhkan tenaga kerja dibidang IT.  Menjadi IT di sebuah perusahaan yang mempunyai banyak cabang saja sudah cukup sibuk, apalagi menjadi IT Jaringan atau IT Network ini. Sebelumnya, apa sih IT Network ini? IT Network atau IT Jaringan adalah seseorang yang berkecimpung didalam teknik jaringan komputer, dari maintain jaringan sampai dengan mengatur jaringan. ·          Job Description IT Network Sebenarnya, secara garis besar tugas dari IT Network adalah untuk melakukan pemasangan/instalasi hardware, sistem ataupun software, maintenance,