Langsung ke konten utama

Biografi J.K Rowling

Biografi J.K Rowling



            Tokoh yang satu ini mempunyai kisah hidup yang sangat inspiratif yang patut untuk dicontoh. Hasil karyanya yang berjudul Harry Potter berhasil membuatnya menjadi orang yang terkenal dan juga menjadi salah satu wanita terkaya di dunia

            Ialah Joanne Kathleen Rowling atau yang lebih kita kenal sebagai J.K. Rowling dilahirkan pada tanggal 31 Juli 1965 di kota Chipping Sodbury, dekat Bristol, Inggris. Ia menjadi sorotan kesusasteraan internasional pada tahun 1999 saat tiga seri pertama dari Harry Potter mengambil alih tiga tempat teratas dalam daftar "New York Times best-seller" setelah memperoleh peringkat yang sama di Britania Raya.



            Kemudian pada saat seri ke-4, Harry Potter dan Piala Api (Harry Potter and The Goblet of Fire) diterbitkan pada bulan Juli tahun 2000, seri ini menjadi buku paling laris penjualannya dalam sejarah. J.K rowling langsung menjadi penulis Novel paling terkenal dan menjadi wanita terkaya di inggris dengan novel terlaris sepanjang sejarah hasil karangannya, namun perjuangannya itu amat berat dan terjal karena mengalami berbagai kesulitan sebelum mencapai hasil yang maksimal seperti apa yang ia miliki sekarang.

Kehidupan sosok J.K Rowling

            J.K Rowling yang merupakan lulusan dari Universitas Exeter, memutuskan untuk pindah ke portugal pada tahun 1990 untuk mengajar bahasa inggris disana. Disana ia juga menikah dengan seorang wartawan portugis, dan anak pertamanya yang bernama Jessica lahir pada tahun 1993, setelah rumah tangganya diakhiri dengan perceraian.

            ia menjadi orang tua tunggal (single parent) yang harus menghidupi anaknya walau dalam kondisi kekurangan dikarenakan ia sudah bercerai dengan suaminya. Akhirnya Rowling dan anaknya pindah ke Edinburgh. Untuk menghidupi keluarga kecilnya itu, rowling mengalami kesulitan dan masalah. Dan di masa itulah Rowling mulai menulis sebuah buku. Ia merasa satu-satunya hal yang dapat menjadi jalan keluar untuk hidupnya yang sulit ini adalah kemampuan menulisnya. Tetapi sayangnya ia tidak mempunyai fasilitas yang cukup memadai, ia bahkan tidak memiliki komputer. Ia hanya memiliki mesin tik tua saja.            

            Ia juga tidak mempunyai uang saat itu, bahkan untuk membayar foto kopi pun ia tidak memiliki uang yang cukup. maka dari itu, dikarenakan ia menyerahkan naskah novelnya tersebut ke beberapa penerbit, maka ia mengetiknya berulang-ulang kali. Rowling menyatakan bahwa ia mendapatkan ide tentang penulisan buku tersebut ketika ia sedang dalam perjalanan dari Manchester ke London pada 1990 dengan kereta api.


Pernah Ditolak 12 Penerbit Buku

            Rowling menyerahkan naskah dari novel nya tersebut ke beberapa penerbit buku. Tapi tidak kita sangka, 12 penerbit buku menolak naskah dari novel yang ia buat. Setelah banyak di tolak, akhirnya penerbit buku ke 13 menerima naskah yang dibuatnya dan mulai memasarkannya. Akhirnya kehidupan Rowling berubah dan tentu nasibnya menjadi baik sekarang. Karena buku Harry potter seri pertama, yaitu Harry Potter dan batu bertuah berhasil terjual dalam jumlah sebanyak $4000.


Novel Harry Potter Laku Keras

            Menjelang musim panas tahun 2000, tiga buku pertama Harry Potter (Harry Potter dan Batu Bertuah, Harry Potter dan Kamar Rahasia, dan Harry Potter dan Tawanan Azkaban) memperoleh keuntungan kurang lebih 480 juta dolar Amerika Serikat dalam masa tiga tahun dengan cetakan 35 juta naskah dalam 35 bahasa.

            Bahkan pada Juli 2000, Harry Potter dan Piala Api telah dicetak untuk pertama kalinya sebanyak 5,3 juta kopi dengan pesanan tambahan sebanyak 1,8 juta kopi. Angka yang sangat fantastis. Buku kelimanya, Harry Potter dan Orde Phoenix telah mulai  dipasarkan bersamaan diseluruh dunia pada 21 Juni 2003, kurang lebih 3 tahun setelah buku ke-4 nya diterbitkan. Setelah itu Harry Potter dan Pangeran Berdarah-Campuran, yaitu buku ke-6 nya diterbitkan pada 16 Juli 2005.

            Seri ke-1 dari Harry Potter, yaitu Harry Potter and the Sorcerer's Stone telah dibuat film yang mulai tayang pada 16 November 2001. Pada awal minggu pembukaannya di Amerika Serikat, telah memecahkan rekor dengan keuntungan sekitar 93,5 juta dolar Amerika Serikat (20 juta dolar lebih banyak dari pemegang rekor terdahulu yaitu film The Lost World : Jurassic Park (1999).

            kelanjutan/Sekuel film seri ini, Harry Potter and the Chamber of Secrets, mulai ditayangkan pada 15 November 2002 dan menjadi film ketiga untuk pembukaan ujung minggu terbaik dalam sejarah pecah panggung. Film ketiga, Harry Potter and the Prisoner of Azkaban telah mulai ditayangkan pada 4 Juni 2004.

Salah satu Novel terlaris karya J.K. Rowling




          Di akhir tahun 2001, Rowling menikah dengan seorang pria bernama Dr. Neil Murray di Skotlandia. David Gordon Rowling Murray, anak pertama dari pernikahan mereka, sekaligus anak laki-laki pertama dilahirkan pada 24 maret 2003 di Royal Infirmary, Edinburgh.

            Setelah mengumumkan buku seri keenam Harry Potter, Rowling meliharkan seorang putri cantik bernama, Mackenzie Jean Rowling Murray pada 23 Januari 2005. Di saat itu, Rowling telah mulai membuat buku ke-7 untuk Harry Potter, yaitu Harry Potter and the Deathly Hallows yang merupakan akhir dari pertualangan Harry Potter.

            Wanita kelahiran 31 Juli 1965 itu, terhitung telah menulis 7 seri buku untuk Harry Potter. Rowling merupakan salah satu wanita yang sangat amat beruntung, karena hasil karyanya, yang ia tuangkan kedalam buku, diproduksi kedalam bentuk layar lebar, tentu semua serinya. Dan tentu, dari masing-masing film tersebut, meraih kesuksesan yang luar biasa.


Daftar Novelnya yang terkenal:

Harry Potter and the Philosopher's Stone (26 Juni 1997)



Harry Potter and the Chamber of Secrets (2 Juli 1998)



Harry Potter and the Prisoner of Azkaban (8 Juli 1999)



Harry Potter and the Goblet of Fire (8 Juli 2000)



Harry Potter and the Order of the Phoenix (21 Juni 2003)



Harry Potter and the Half-Blood Prince (16 Juli 2005)



Harry Potter and the Deathly Hallows (21 Juli 2007)





Referensi:
http://www.biografiku.com/2009/02/biografi-jk-rowling.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menghubungkan Lighstick EXO ver.2 dengan aplikasi WYTH

Cara Menghubungkan Lighstick EXO ver.2 dengan aplikasi WYTH EXO mengeluarkan lightstick versi terbaru, yaitu EXO lightstick ver.2. dimana kemampuan dibandingkan dengan versi sebelumnya adalah perubahan warna. disini kita dapat mengetahui apakah lightstick kita official atau tidak, karena jika official lightstick kita dapat di hubungkan dengan aplikasi WYTH ini. 1. Search WYTH di app store bagi yang meggunakan iOS, sedangkan pengguna android search di Google Play dan kemudian install aplikasinya. 2. buka aplikasi WYTH, kemudian log in dengan akun mu! 3. pasang foto profil dan nickname kamu! 4. disini ada 2 pilihan, scan barcode yang ada di tiket konser dengan memasukkan secara manual nomor kursi kita. Jika scan nya tidak berhasil, maka pilihlah memasukkan manual nomor kursi kita. 5. jika berhasil menggunakan scan barcode, maka nomor kursi kamu akan secara otomatis muncul. 6. periksa kembali apakah yang ada di aplikasi

Kasus di sebuah perusahaan / instansi yang menyebabkan diperlukannya audit teknologi sistem informasi

Warganet diramaikan dengan kejadian hilangnya saldo milik nasabah PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) secara tiba-tiba. Nasabah terkait menceritakan tragedi yang menimpanya via Twitter. Melalui akun @abunga***, nasabah menyebut telah kehilangan uang total Rp 16 juta pada 25 Desember 2019. “Tepat saat aku bangun shalat subuh dan aktifkan hp dan jeng jeng masuk notifikasi penarikan beberapa kali total 16jt. Sumpah shock banget dan langsung cek kartu ATM & buku rekening semuanya aman masih ada sama saya,” demikian tulis pemilik akun Twitter tersebut, seperti dikutip dari  Tempo.co , pada Selasa 21 Januari 2020. Nasabah tersebut kemudian langsung menghubungi pihak BRI untuk dibuatkan laporan dan melakukan pemblokiran kartu ATM. Dia juga mendatangi kantor BRI terdekat untuk melaporkan kejadian yang menimpanya. Akan tetapi, pada saat membuat laporan, nasabah tersebut mendapat penjelasan bahwa penarikan uang via ATM tidak mungkin dilakukan hingga Rp 16 juta per hari

IT Network atau IT Jaringan

IT NETWORK Sebelum memasuki dunia kerja, ada baiknya kita memilih manakah profesi yang pas untuk kita. Jangan hanya lihat dari berapa banyak gajinya, tetapi seberapa pas juga kita di bagian yang kita pilih tersebut. Dapat kita lihat di judul postingan saya kali ini, saya akan membahas tentang IT Network. Pada zaman yang sudah sangat maju di bidang IT nya ini, semua perusahaan pasti membutuhkan tenaga kerja dibidang IT.  Menjadi IT di sebuah perusahaan yang mempunyai banyak cabang saja sudah cukup sibuk, apalagi menjadi IT Jaringan atau IT Network ini. Sebelumnya, apa sih IT Network ini? IT Network atau IT Jaringan adalah seseorang yang berkecimpung didalam teknik jaringan komputer, dari maintain jaringan sampai dengan mengatur jaringan. ·          Job Description IT Network Sebenarnya, secara garis besar tugas dari IT Network adalah untuk melakukan pemasangan/instalasi hardware, sistem ataupun software, maintenance,