Langsung ke konten utama

Spotify dan JOOX

JOOX dan Spotify



            Kalian pasti pernah merasakan mendownload lagu, melalui situs download mp3? kalian anak tahun 90-an pasti paham betul bagaimana rasanya harus mendownload satu-satu lagu yang ingin kita dengarkan. Dikarenakan dulu internet kita kurang bersahabat juga (lemot), kita tidak bisa enak-enakan buka youtube hanya sekedar untuk mendengarkan lagu. Tak disangka, pada tahun 2015-2016 aplikasi pemutar lagu online muncul seperti Spotify dan JOOX salah satunya. Kalian tentu tahu kan apa itu JOOX dan Spotify? Spotify dan JOOX adalah layanan online streaming musik yang dikemas dalam sebuah aplikasi yang bisa kita download di App store ataupun Google play store.

            Di indonesia, penggunaan aplikasi pemutar musik online merupakan hal yang sudah lumayan lama ada, tetapi kurangnya promosi dan ribetnya cara pembayaran layanan membuat pendahulu dari Spotify dan JOOX kurang dilirik oleh pengguna internet di indonesia. Keduanya baru dirilis di Indonesia sekitar 2015-2016. Spotify dan JOOX merupakan aplikasi pemutar musik online yang cukup terkenal di indonesia. Spotify dikenal banyak orang karena memang sudah terkenal menjadi salah satu pemutar lagu online di dunia, sedangkan JOOX sering mempromosikan layanannya via iklan, dll. Yang membuat layanan streaming musik marak digunakan masyarakat luas adalah kedua aplikasi ini. JOOX dan Spotify juga merupakan layanan pemutar musik online yang paling banyak digunakan para pengguna smartphone di Indonesia.

sebaran Spotify di dunia


iklan JOOX indoneisa

            Sebelum adanya layanan pemutar musik online ini, kebanyakan orang-orang mendengarkan lagu dengan mendownload lagu yang ingin didengarkan. Tetapi, apa kalian tahu? Jika kita mendownload lagu tetapi tidak membeli, misalnya membeli melalui iTunes, berarti kita membajak lagu tersebut. Walaupun kita hanya sebagai pendengar saja, tetapi kita merusak copyright dari lagu tersebut. Tetapi dengan menggunakan layanan JOOX dan Spotify, kita tidak merusak copyright tersebut, karena lagu-lagu yang ada di aplikasi mereka, mereka telah mendapatkan izin dari pemilik lagu-lagu tersebut yang berarti mereka tidak membajaknya kan?

            Dengan layanan pemutar musik online ini, kita dapat mendengarkan lagu dimanapun dan kapanpun kita mau. Selain itu, kita dapat berlangganan. Karena tentu mendengarkan lagu di Spotify dan JOOX tidak gratis. Berikut adalah keunggulan masing-masing dari layanan streaming musik ini:

Spotify

·        Lagu yang disediakan di spotify terhitung ada 30 juta lagu.
·        Kualitas audio di spotify hingga 320 kbps.
·        Biaya untuk berlangganan selama sebulan adalah Rp.  49.990
·        Ada akses gratis yang disediakan, tetapi kita harus menonton iklan terlebih dahulu.
·        Terdapat coba gratis yang di tawarkan spotify
·      Keuntungan yang didapatkan jika berlangganan antara lain akses tanpa batas, lagu-lagu bisa di putar secara offline (tanpa akses internet)
·     Cara pembayaran bisa menggunakan transfer bank, kartu kredit, bahkan membayar melalui convenience store (alfamart, dll)
·        Aplikasi dapat digunakan di iOS, Android, Windows, Mac, PlayStation, Chromecast.

JOOX



·        Lagu yang disediakan di JOOX terhitung ada 5 juta lagu.
·        Kualitas audio di JOOX hingga 320 kbps.
·        Ada akses gratis yang disediakan, tetapi dengan akses lagu terbatas.
·        Terdapat coba gratis yang di tawarkan spotify selama sebulan
·     Cara pembayaran bisa menggunakan Billing Telkomsel, kartu kredit play store & App store, dan kode kupon.
·      Keuntungan yang didapatkan jika berlangganan antara lain akses tanpa batas, lagu-lagu bisa di putar secara offline (tanpa akses internet), terpadat fitur lirik lagu.
·   Biaya untuk berlangganan selama seminggu Rp. 25.000 sedangkan untuk berlangganan sebulan adalah Rp.  49.000
·        Aplikasi dapat digunakan di iOS, Android, Web.

            Terdapat perbedaan diantara kedua layanan pemutar musik ini. spotify jelas memiliki koleksi lagu yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan JOOX. Untuk yang tidak memiliki kartu kredit play store & app store atau bahkan tidak menggunakan telkomsel mungkin akan kesusahan untuk membayar biaya langganan untuk JOOX. Sedangkan Spotify kita dapat dengan mudah membayar biaya berlangganan melalui alfamart atau transfer bank. Tetapi walaupun begitu keduanya tentu mempunyai keunggulan masing-masing. 






      Menggunakan layanan pemutar musik online sangat marak di kalangan masyarakat saat ini. apalagi biaya berlangganan nya saya bilang cukup murah untuk perbulannya. Dan anda dapat menggunakan layanan tersebut dimanapun dan kapanpun. Disaat perjalanan pulang dari kantor, ketika terjebak macet, dimanapun! Inovasi pemutar lagu online ini sungguh sangat membantu adanya pembajakan lagu yang marak di kalangan masyarakat dan juga memudahkan masyarakat tentunya dalam mengakses lagu-lagu yang kita suka tanpa merusak copyright dari lagu-lagu tersebut.
           
Referensi:



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menghubungkan Lighstick EXO ver.2 dengan aplikasi WYTH

Cara Menghubungkan Lighstick EXO ver.2 dengan aplikasi WYTH EXO mengeluarkan lightstick versi terbaru, yaitu EXO lightstick ver.2. dimana kemampuan dibandingkan dengan versi sebelumnya adalah perubahan warna. disini kita dapat mengetahui apakah lightstick kita official atau tidak, karena jika official lightstick kita dapat di hubungkan dengan aplikasi WYTH ini. 1. Search WYTH di app store bagi yang meggunakan iOS, sedangkan pengguna android search di Google Play dan kemudian install aplikasinya. 2. buka aplikasi WYTH, kemudian log in dengan akun mu! 3. pasang foto profil dan nickname kamu! 4. disini ada 2 pilihan, scan barcode yang ada di tiket konser dengan memasukkan secara manual nomor kursi kita. Jika scan nya tidak berhasil, maka pilihlah memasukkan manual nomor kursi kita. 5. jika berhasil menggunakan scan barcode, maka nomor kursi kamu akan secara otomatis muncul. 6. periksa kembali apakah yang ada di aplikasi

Kasus di sebuah perusahaan / instansi yang menyebabkan diperlukannya audit teknologi sistem informasi

Warganet diramaikan dengan kejadian hilangnya saldo milik nasabah PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) secara tiba-tiba. Nasabah terkait menceritakan tragedi yang menimpanya via Twitter. Melalui akun @abunga***, nasabah menyebut telah kehilangan uang total Rp 16 juta pada 25 Desember 2019. “Tepat saat aku bangun shalat subuh dan aktifkan hp dan jeng jeng masuk notifikasi penarikan beberapa kali total 16jt. Sumpah shock banget dan langsung cek kartu ATM & buku rekening semuanya aman masih ada sama saya,” demikian tulis pemilik akun Twitter tersebut, seperti dikutip dari  Tempo.co , pada Selasa 21 Januari 2020. Nasabah tersebut kemudian langsung menghubungi pihak BRI untuk dibuatkan laporan dan melakukan pemblokiran kartu ATM. Dia juga mendatangi kantor BRI terdekat untuk melaporkan kejadian yang menimpanya. Akan tetapi, pada saat membuat laporan, nasabah tersebut mendapat penjelasan bahwa penarikan uang via ATM tidak mungkin dilakukan hingga Rp 16 juta per hari

IT Network atau IT Jaringan

IT NETWORK Sebelum memasuki dunia kerja, ada baiknya kita memilih manakah profesi yang pas untuk kita. Jangan hanya lihat dari berapa banyak gajinya, tetapi seberapa pas juga kita di bagian yang kita pilih tersebut. Dapat kita lihat di judul postingan saya kali ini, saya akan membahas tentang IT Network. Pada zaman yang sudah sangat maju di bidang IT nya ini, semua perusahaan pasti membutuhkan tenaga kerja dibidang IT.  Menjadi IT di sebuah perusahaan yang mempunyai banyak cabang saja sudah cukup sibuk, apalagi menjadi IT Jaringan atau IT Network ini. Sebelumnya, apa sih IT Network ini? IT Network atau IT Jaringan adalah seseorang yang berkecimpung didalam teknik jaringan komputer, dari maintain jaringan sampai dengan mengatur jaringan. ·          Job Description IT Network Sebenarnya, secara garis besar tugas dari IT Network adalah untuk melakukan pemasangan/instalasi hardware, sistem ataupun software, maintenance,