Langsung ke konten utama

Seasonal Affective Disorder (SAD)

Seasonal Affective Disorder (SAD)


             Beberapa hari yang lalu, dunia entertainment korea kehilangan salah satu musisi ternama yang mereka miliki. Kim Jonghyun namanya. Ia adalah seorang musisi dibawah naungan SM Entertainment, dan sudah menjadi salah satu member dari boy group SHINee sejak 2008 silam. Tentu berita yang baru ini mencuat dikarenakan jonghyun ditemukan sudah tidak bernyawa di apartemennya. Tentu ini sangat membuat para penggemarnya terpukul, termasuk saya. Dan hal ini sekali lagi menjadikan pelajaran untuk kita semua bahwa gangguan jiwa seperti depresi yang dialami jonghyun bukanlah hal yang dapat dianggap enteng, dan Mental Illness is real. Kita tidak bisa menganggap bahwa hal itu hal yang tidak perlu dipikirkan, malah justru itu tidak boleh kita hiraukan sama sekali. Setelah dilakukan penyelidikan, ternyata Seasonal Affective Disorder adalah penyakit yang dimiliki jonghyun selama ini. Sebagai penggemar dari korban yang memiliki penyakit ini dan hal yang terjadi pada jonghyun sangat amat membuat saya terpukul, disini saya ingin membagi pengetahuan tentang apa itu Seasonal Affective Disorder.





            Seasonal Affective Disorder adalah gangguan pada mood seseorang yang musiman, dan bisa digolongkan sebagai depresi. Gangguan psikologis ini hanya terjadi pada musim-musim tertentu. Biasanya juga terjadi di negara-negara yang memiliki 4 musim, serangan gangguan ini biasanya terjadi di musim dingin dan gugur. Dikarenakan pada musim-musim tersebut suasana terasa lebih dingin, jadi orang yang mengidap SAD dapat merasakan kesepian, dan lain sebagainya.



SAD sebenarnya adalah suatu kondisi siklik musiman. Artinya gejala-gejala yang muncul saat musim dingin, ketika berubah menjadi hangat, gejalanya kemungkinan akan hilang apalagi pada saat musim semi dan musim panas. Seperti jonghyun, ia mungkin sudah pada tahap gejala-gejala SAD nya memuncak di musim dingin ini. 

Penyebab
Penyebab spesifik SAD masih belum diketahui. Bebarapa faktor-faktor tertentu, yang mungkin ikut mempengaruhi antara lain:

1. Jam biologis Anda (ritme sirkadian).
Kurangnya sinar matahari di musim gugur dan musim dingin dapat mengganggu jam internal tubuh yang memungkinkan kita tahu kapan harus tidur atau terjaga. Gangguan irama sirkadian ini dapat menyebabkan perasaan depresi.

2. Melatonin meningkat.
Perubahan musim dapat mengganggu keseimbangan hormon melatonin yang berperan dalam pola tidur dan suasana hati.

3. Penurunan Serotonin.
Penurunan serotonin, zat kimia otak (neurotransmitter) yang mempengaruhi suasana hati, mungkin juga berpengaruh dalam gangguan afektif musiman. Mengurangi sinar matahari dapat menyebabkan penurunan serotonin dan dapat memicu ke depresi.

Gejala
Depresi musim dingin, gejala gangguan SAD meliputi:
§  Depresi
§  Merasa putus asa
§  Merasa cemas
§  Lemas, kehilangan energi
§  Menarik diri
§  Banyak tidur
§  Kehilangan minat dalam kegiatan yang biasanya disukai
§  Perubahan pola makan, ingin menkonsumsi makanan tinggi karbohidrat
§  Berat badan bertambah
§  Sulit berkonsentrasi dan mengolah informasi

Perawatan dan pengobatan
1. Terapi cahaya.
Dalam terapi cahaya atau fototerapi, Anda duduk beberapa meter dari kotak terapi cahaya khusus sehingga terkena cahaya terang. Terapi cahaya meniru cahaya outdoor dan menyebabkan perubahan kimia otak yang terkait dengan suasana hati. Pengobatan ini mudah digunakan dan tampaknya memiliki efek samping yang rendah.

2. Obat-obatan.
Beberapa orang dengan Seasonal Affective Disorder manfaat dari pengobatan dengan antidepresan, terutama jika gejalanya parah. Obat yang biasanya digunakan untuk mengobati gangguan afektif musiman termasuk: Bupropion, paroxetine (Paxil), sertraline (Zoloft), fluoxetine (Prozac, Sarafem) dan venlafaxine (Effexor).

3. Psikoterapi.
Psikoterapi adalah pilihan lain untuk mengobati Seasonal Affective Disorder. Meskipun gangguan ini diperkirakan berhubungan dengan proses biokimia, mood dan perilaku juga dapat menambahkan gejala. Psikoterapi dapat membantu Anda mengidentifikasi dan mengubah pikiran negatif dan perilaku yang mungkin membuat Anda merasa lebih buruk. Anda juga dapat mempelajari cara-cara sehat untuk mengatasi gangguan afektif musiman dan mengelola stres.

            Apabila disekitar kita ada yang memiliki Seasonal Affective Disorder, ada baikknya kita merangkul mereka, dengan maksud menguatkan mereka, menghibur mereka, mengingatkan mereka bahwa mereka tidak sendiri. Pasalnya, jonghyun SHINee merasa ia sangat kesepian, ketika ia berharap orang mengetahui keadaannya, tetapi tidak ada satupun yang bertanya kepadanya apakah dia baik-baik saja, tidak ada satupun  yang peka terhadapnya. Padahal jonghyun dikenal sebagai pribadi yang ceria dan selalu tersenyum, orang-orang disekitarnya sangat terpukul karena mereka tidak dapat memeluknya, menemaninya, karena tidak terpikir oleh mereka bahwa seseorang yang ceria sepertinya ternyata sudah depresi sangat berat seperti itu. Maka dari itu, mulailah melihat sekitar kita, jangan remehkan hal ini. bisa saja dengan begitu kita dapat menguatkan mereka orang-orang yang membutuhkan kehangatan di masa-masa sulitnya.

Berikut adalah tips untuk membantu mengelola kondisi mental untuk mengurangi resiko SAD:

1. Tetaplah pada rencana pengobatan. Mengambil obat seperti yang diarahkan dan menghadiri pertemuan terapi seperti yang dijadwalkan.
2. Jaga diri.
3. Usahakan cukup istirahat.
4. Makan teratur makanan sehat.
5. Luangkan waktu untuk bersantai.
6. Jangan beralih ke alkohol atau obat-obatan tanpa resep dokter.
7. Lakukan manajemen stres. Pelajari cara mengelola stres Anda lebih baik. Stres dapat menyebabkan depresi, makan berlebihan, atau pikiran tidak sehat lainnya.
8. Berosialisasi. Ketika Anda merasa murung, sulit rasanya untuk bergaul. Berusahalah agar tetap berinteraksi dengan orang di sekitar Anda. Mereka dapat menawarkan dukungan, bahu untuk menangis atau lelucon untuk memberikan sedikit dorongan.
9. Jalan-jalan. Jika mungkin, cobalah berlibur ketika musim dingin cerah. Lokasi hangat cocok untuk Anda yang memiliki gangguan SAD musim dingin atau lokasi dingin jika Anda memiliki gangguan SAD musim panas.

Referensi:


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menghubungkan Lighstick EXO ver.2 dengan aplikasi WYTH

Cara Menghubungkan Lighstick EXO ver.2 dengan aplikasi WYTH EXO mengeluarkan lightstick versi terbaru, yaitu EXO lightstick ver.2. dimana kemampuan dibandingkan dengan versi sebelumnya adalah perubahan warna. disini kita dapat mengetahui apakah lightstick kita official atau tidak, karena jika official lightstick kita dapat di hubungkan dengan aplikasi WYTH ini. 1. Search WYTH di app store bagi yang meggunakan iOS, sedangkan pengguna android search di Google Play dan kemudian install aplikasinya. 2. buka aplikasi WYTH, kemudian log in dengan akun mu! 3. pasang foto profil dan nickname kamu! 4. disini ada 2 pilihan, scan barcode yang ada di tiket konser dengan memasukkan secara manual nomor kursi kita. Jika scan nya tidak berhasil, maka pilihlah memasukkan manual nomor kursi kita. 5. jika berhasil menggunakan scan barcode, maka nomor kursi kamu akan secara otomatis muncul. 6. periksa kembali apakah yang ada di aplikasi

Kasus di sebuah perusahaan / instansi yang menyebabkan diperlukannya audit teknologi sistem informasi

Warganet diramaikan dengan kejadian hilangnya saldo milik nasabah PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) secara tiba-tiba. Nasabah terkait menceritakan tragedi yang menimpanya via Twitter. Melalui akun @abunga***, nasabah menyebut telah kehilangan uang total Rp 16 juta pada 25 Desember 2019. “Tepat saat aku bangun shalat subuh dan aktifkan hp dan jeng jeng masuk notifikasi penarikan beberapa kali total 16jt. Sumpah shock banget dan langsung cek kartu ATM & buku rekening semuanya aman masih ada sama saya,” demikian tulis pemilik akun Twitter tersebut, seperti dikutip dari  Tempo.co , pada Selasa 21 Januari 2020. Nasabah tersebut kemudian langsung menghubungi pihak BRI untuk dibuatkan laporan dan melakukan pemblokiran kartu ATM. Dia juga mendatangi kantor BRI terdekat untuk melaporkan kejadian yang menimpanya. Akan tetapi, pada saat membuat laporan, nasabah tersebut mendapat penjelasan bahwa penarikan uang via ATM tidak mungkin dilakukan hingga Rp 16 juta per hari

IT Network atau IT Jaringan

IT NETWORK Sebelum memasuki dunia kerja, ada baiknya kita memilih manakah profesi yang pas untuk kita. Jangan hanya lihat dari berapa banyak gajinya, tetapi seberapa pas juga kita di bagian yang kita pilih tersebut. Dapat kita lihat di judul postingan saya kali ini, saya akan membahas tentang IT Network. Pada zaman yang sudah sangat maju di bidang IT nya ini, semua perusahaan pasti membutuhkan tenaga kerja dibidang IT.  Menjadi IT di sebuah perusahaan yang mempunyai banyak cabang saja sudah cukup sibuk, apalagi menjadi IT Jaringan atau IT Network ini. Sebelumnya, apa sih IT Network ini? IT Network atau IT Jaringan adalah seseorang yang berkecimpung didalam teknik jaringan komputer, dari maintain jaringan sampai dengan mengatur jaringan. ·          Job Description IT Network Sebenarnya, secara garis besar tugas dari IT Network adalah untuk melakukan pemasangan/instalasi hardware, sistem ataupun software, maintenance,