Langsung ke konten utama

Perbedaan Essence, Booster, Serum, dan Ampoule

       Perbedaan Essence, Booster, Serum, dan Ampoule     

  
            Belakangan ini, kita mengenal yang namanya 10 Step korean skin care Routine. Di 10 step itu kita menggunakan Serum, Ampoule, Essence bahkan booster. Walaupun sudah beberapa tahun lalu ‘booming’ 10 Step korean skin care Routine itu, tapi masih ada saja yang tidak mengetahui apa itu Essence? Ampoule? Booster? Bahkan serum? Inti dari perawatan kulit sebenarnya hanya membersihkan, menutrisi, dan melindungi. Namun sesi “menutrisi” ini bisa dipecah ke dalam serangkaian tahapan: mempersiapkan kulit, mengeksfoliasi, menghidrasi, menetralkan PH, memperbaiki masalah kulit, menutrisi lapisan kulit terdalam, baru kemudian melembapkan. Dari situlah muncul produk-produk bernama essence, serum, booster, sampai ampoule.

            Keempat produk ini punya persamaan yaitu digunakan sebagai perawatan untuk masalah kulit tertentu, dipakai sebelum moisturizer cream. Urutan pemakaian Skin Care yang benar adalah pertama Exfoliating Toner, kemudian Hydrating Toner, lalu dilanjutkan dengan Booster, Ampoule, Serum, Essence, Emulsion, kemudian Moisturizer lalu Sleeping mask. Perbedaan essence, booster, serum, dan ampoule lihat di bawah ini.

Essence

Sebenarnya produk essence sangat mirip dengan serum, baik tekstur maupun fungsinya. Namun essence sedikit lebih kental. Kadang ada juga merek yang menyebut serum dengan essence (terutama untuk produk perawatan kulit asal Jepang dan Korea), atau menamai produk essence dengan sebutan serum. Jika kamu memiliki produk essence dan serum, urutan pemakaiannya adalah serum terlebih dulu.


Contoh produk : Laneige Water Bank Essence, L’occitane Immortelle Brightening Essence

Booster

Jika essence dan serum bisa digunakan secara bergantian, booster nggak bisa dijadikan pengganti dari serum atau essence. Fungsi booster sendiri lebih sebagai produk tambahan yang digunakan sebelum mengaplikasikan serum atau essence. Untuk tekstur, lebih variatif. Ada cairan, lotion, sampai dengan gel. Booster sendiri berfungsi untuk memberikan nutrisi tambahan pada kulit.

Contoh produk : The Body Shop VITAMIN C Skin BOOST

Serum


Dibanding dua produk sebelumnya, serum yang paling familiar sebagai step skin care yang lebih advance. Serum memiliki fungsi sebagai perawatan kulit yang targeting, yaitu intensif mengatasi suatu masalah kulit. Misalnya, serum untuk melawan kerutan, ataus serum untuk mencerahkan kulit.
Serum memiliki konsentrat kandungan aktif lebih tinggi dari pelembab biasa. Biasanya, serum dibuat antara oil-based dan water-based dengan konsistensi mendekati minyak atau emulsion. . Kandungan dalam serum pun lebih rich, bisa berbahan dasar air atau minyak. Partikelnya yang lebih halus memudahkan kandungan aktifnya untuk bisa menyerap hingga ke dalam lapisan kulit. Serum memiliki fungsi untuk merawat kulit secara intensif, misalnya melawan kerutan dan mencerahkan Biasanya serum dikemas dalam botol kaca gelap karena komposisinya adalah bahan aktif yang sensitif terhadap cahaya.


Contoh produk : Sensatia Botanicals Anti Wrinkle Serum, Innisfree Green Tea Seed Serum

Ampoule


Kalau ini seringnya ditemukan pada produk Korea. Memiliki konsentrasi paling tinggi dibanding tiga produk sebelumnya, ampoule dijual dengan harga yang mahal. Efek yang dihasilkan ampoule pun terbilang lebih cepat dibanding yang lain. Kandungan bahan aktifnya memiliki dosis yang tinggi sehingga pemakaiannya pun cukup sedikit-sedikit saja.Tekturnya sendiripun paling cair dan gampang menyerap dibanding yang lainnya. Pemakaiannyapun biasanya dianjurkan untuk dikombinasikan dengan serum atau essence sejenis yang akan membantu menyelesaikan permasalahan wajah Anda lebih cepat dari biasanya. Produk ampoule sering tersedia dalam kemasan botok kaca gelap berukuran 30ml atau dala bentuk ampul sekali pakai.


Contoh produk : The Face Shop Gold Collagen Ampoule dan Missha Time Revolution Night Repair Science Activator

Sekarang sudah tau perbedaan dari masing-masing produk diatas kan? Pilih lah sesuai kebutuhan kulitmu tentunya!

Referensi:
http://femaledaily.com/blog/2013/12/19/skincare-101-apa-perbedaan-serum-essence-booster-ampoule/
https://www.gotomalls.com/blog/2017/10/serum-essence-booster-ampoule
https://miignon.com/apa-beda-essence-booster-serum-dan-ampoule





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menghubungkan Lighstick EXO ver.2 dengan aplikasi WYTH

Cara Menghubungkan Lighstick EXO ver.2 dengan aplikasi WYTH EXO mengeluarkan lightstick versi terbaru, yaitu EXO lightstick ver.2. dimana kemampuan dibandingkan dengan versi sebelumnya adalah perubahan warna. disini kita dapat mengetahui apakah lightstick kita official atau tidak, karena jika official lightstick kita dapat di hubungkan dengan aplikasi WYTH ini. 1. Search WYTH di app store bagi yang meggunakan iOS, sedangkan pengguna android search di Google Play dan kemudian install aplikasinya. 2. buka aplikasi WYTH, kemudian log in dengan akun mu! 3. pasang foto profil dan nickname kamu! 4. disini ada 2 pilihan, scan barcode yang ada di tiket konser dengan memasukkan secara manual nomor kursi kita. Jika scan nya tidak berhasil, maka pilihlah memasukkan manual nomor kursi kita. 5. jika berhasil menggunakan scan barcode, maka nomor kursi kamu akan secara otomatis muncul. 6. periksa kembali apakah yang ada di aplikasi

Kasus di sebuah perusahaan / instansi yang menyebabkan diperlukannya audit teknologi sistem informasi

Warganet diramaikan dengan kejadian hilangnya saldo milik nasabah PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) secara tiba-tiba. Nasabah terkait menceritakan tragedi yang menimpanya via Twitter. Melalui akun @abunga***, nasabah menyebut telah kehilangan uang total Rp 16 juta pada 25 Desember 2019. “Tepat saat aku bangun shalat subuh dan aktifkan hp dan jeng jeng masuk notifikasi penarikan beberapa kali total 16jt. Sumpah shock banget dan langsung cek kartu ATM & buku rekening semuanya aman masih ada sama saya,” demikian tulis pemilik akun Twitter tersebut, seperti dikutip dari  Tempo.co , pada Selasa 21 Januari 2020. Nasabah tersebut kemudian langsung menghubungi pihak BRI untuk dibuatkan laporan dan melakukan pemblokiran kartu ATM. Dia juga mendatangi kantor BRI terdekat untuk melaporkan kejadian yang menimpanya. Akan tetapi, pada saat membuat laporan, nasabah tersebut mendapat penjelasan bahwa penarikan uang via ATM tidak mungkin dilakukan hingga Rp 16 juta per hari

IT Network atau IT Jaringan

IT NETWORK Sebelum memasuki dunia kerja, ada baiknya kita memilih manakah profesi yang pas untuk kita. Jangan hanya lihat dari berapa banyak gajinya, tetapi seberapa pas juga kita di bagian yang kita pilih tersebut. Dapat kita lihat di judul postingan saya kali ini, saya akan membahas tentang IT Network. Pada zaman yang sudah sangat maju di bidang IT nya ini, semua perusahaan pasti membutuhkan tenaga kerja dibidang IT.  Menjadi IT di sebuah perusahaan yang mempunyai banyak cabang saja sudah cukup sibuk, apalagi menjadi IT Jaringan atau IT Network ini. Sebelumnya, apa sih IT Network ini? IT Network atau IT Jaringan adalah seseorang yang berkecimpung didalam teknik jaringan komputer, dari maintain jaringan sampai dengan mengatur jaringan. ·          Job Description IT Network Sebenarnya, secara garis besar tugas dari IT Network adalah untuk melakukan pemasangan/instalasi hardware, sistem ataupun software, maintenance,